Minggu, Mei 26, 2024
Ilmu TambangPerhatikan, Alat Berat Alami 4 Hal Ini Pertanda Harus Diganti!

Perhatikan, Alat Berat Alami 4 Hal Ini Pertanda Harus Diganti!

Alat berat tambang digunakan untuk mempermudah operasional kerja penambang. Dikarenakan digunakan setiap hari, baik untuk penambangan di permukaan ataupun di dalam tanah, alat berat harus diperhatikan. Pekerja tambang wajib tahu tanda-tanda saatnya alat berat harus segera diganti.

Alat berat tambang termasuk alat yang harganya mahal. Saat memutuskan untuk mengganti atau mempertahankan, dapat menimbang dengan melihat tanda-tanda berikut ini.

  1. Performa Alat Berat Menurun

Performa alat berat tambang menurun karena sudah lama digunakan. Pengoperasiannya lebih lambat dan sering rusak. Ini tanda untuk mempertimbangkan menggantinya, karena kalau tetap dipertahankan maka akan berdampak pada efisiensi dan biaya perawatan yang besar.

  1. Lingkungan yang Berubah

Saat lingkungan kerjanya berubah, misalnya berubah kondisi pertambangan dan metodenya. Maka penggantian alat berat dapat dilakukan. Misalnya dari open pit jadi underground mining. Sebab tidak semua alat tambang open pit dapat digunakan untuk penambangan bawah tanah.

  1. Kehadiran Teknologi Mutakhir
Baca Artikel  Ini Penjelasan Kenapa Sistem Autolube Penting untuk Alat Berat di Pertambangan!

Alat berat tambang yang menggunakan teknologi mutakhir menjadi tanda untuk mempertimbangkan penggantian alat berat tambang. Khususnya yang menggunakan energi bersih dan teknologi informatika modern. Ini akan memberikan keunggulan produktivitas, efisiensi dan ramah lingkungan.

  1. Lebih Murah Daripada Biaya Perawatan

Pertimbangan penggantian alat berat dengan acuan anggaran atau opportunity cost, apakah lebih murah melakukan maintenance alat berat daripada membeli alat baru, atau sebaliknya.

Maintenance alat berat meliputi proses pemeriksaan, cleansing, dan service berbagai bagian seperti hidrolika, mesin, dan bagian yang bergerak.

Kawan tambang, tanda-tanda saat alat berat pertambangan harus diganti tersebut harus sesuai kondisi dan biaya yang memungkinkan. Tidak ada salahnya untuk beralih ke alat berat baru yang lebih efisien dan produktif serta ramah lingkungan. 

Baca Artikel  Sebelum Memulai Aktivitas Pertambangan, Perhatikan Ini Dulu Yuk!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer