Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangBelum Banyak yang Tahu, Ini Arti Warna-Warni Helm Proyek Tambang

Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Warna-Warni Helm Proyek Tambang

ilmutambang.com – Saat melakukan kegiatan di industri pertambangan, faktor keamanan tentu menjadi hal utama yang wajib didahulukan. Baik itu kegiatan yang langsung berhubungan dengan manusia, alam maupun hal yang lainnya.

Salah satu hal yang berhubungan dengan manusia yaitu pekerja yang berada di kawasan konstruksi. Demi menjaga keselamatan mereka saat bekerja, tentunya wajib menggunakan berbagai alat pelindung keamanan, salah satunya helm proyek.

Helm ini tentunya berfungsi sebagai pelindung kepala apabila terkena jatuhan benda material berat, seperti bebatuan. Apabila menggunakan helm proyek tentu dapat melindungi dan meminimalisir kepala dari cedera serius.

Warna Helm Proyek dan Artinya

Fakta unik dari alat keamanan yang satu ini yaitu, penggunaan warna helm sesuai jabatan seseorang lho.  Untuk lebih jelasnya, yuk simak di bawah ini: 

  1. Helm Putih

Helm proyek berwarna putih ini biasanya digunakan oleh para pekerja yang memiliki jabatan tinggi di kawasan konstruksi. Misalnya untuk jabatan insinyur, manajer, pengawas atau bahkan mandor para pekerja.

Mereka yang mengenakan helm putih ini juga biasanya punya tanggungjawab dan pengetahuan yang lebih besar. 

  1. Helm Kuning Terang

Warna kuning pada helm proyek ini digunakan oleh para pekerja umum di lapangan atau sub-kontraktor.

Biasanya para pekerja yang menggunakan helm berwarna kuning ini juga wajib mengenakan rompi berwarna kuning terang saat melakukan tugasnya di lapangan.

  1. Helm Hijau

Sesuai dengan warnanya, helm proyek berwarna hijau ini adalah alat pengaman yang digunakan oleh seseorang yang tugasnya berhubungan dengan lingkungan.

Di kawasan proyek, mereka memiliki tanggung jawab untuk menjadi pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan terhadap sesuatu yang tengah dibangun.

  1. Helm Biru

Lain helm proyek warna hijau, lain pula dengan yang berwarna biru. Helm proyek berwarna biru biasanya digunakan oleh pekerja lapangan yang punya jabatan sebagai supervisor lapangan, operator teknis, atau pengawas sementara di sebuah kawasan proyek. 

  1. Helm Merah

Kalo kamu melihat pekerja yang menggunakan helm berwarna merah, jangan menganggap mereka sebagai anggota pemadam kebakaran ya.

Para pekerja yang mengenakan helm berwarna merah ini biasanya menduduki jabatan sebagai pengawas sistem pengamanan di kawasan proyek.

  1. Helm Jingga

Helm proyek berwarna jingga biasanya digunakan oleh orang-orang di luar pekerja konstruksi yang ingin masuk dan meninjau kawasan tersebut.

Baca Artikel  Ketahui yuk 5 Manfaat Software ERP di Perusahaan Tambang

Itu dia informasi mengenai arti dari setiap warna helm proyek tambang yang sering kamu temui di konstruksi pertambangan. Nah setelah tahu arti dari setiap warna helm di atas, jadi Kawan Tambang siap memakai warna apa nih? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer