Minggu, April 21, 2024
Berita TambangDesa Terong, Lahan Bekas Tambang Menjadi Destinasi Wisata Favorit

Desa Terong, Lahan Bekas Tambang Menjadi Destinasi Wisata Favorit

Belitung telah ditetapkan UNESCO menjadi Global Geopark karena memiliki warisan geologi yang unik serta kehidupan sosial budaya masyarakat yang memikat. Salah satunya adalah Desa Wisata Kreatif Terong yang berada di destinasi wisata unggulan Belitung.

Desa Terong berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Desa Terong adalah salah satu desa dari 19 Desa Geopark di Belitung, yang merupakan desa wisata pertama sekaligus percontohan di Belitung.

Desa Wisata Kreatif Terong terletak di Desa Terong yang berjarak sekitar 15 km atau sekitar 20-25 menit dari pusat kota Tanjung Pandan.

Nama “terong” berasal dari hikayat masyarakat sekitar tentang legenda Nek Tulong, seorang tokoh yang dianggap sakti pada zaman dahulu. Di tempat ini tidak terdapat buah terong, namun karena “terong” berasal dari pergeseran penyebutan kata “terang” dengan dialek setempat.

Baca Artikel  Kenapa Sertifikat K3 Begitu Penting di Industri Tambang?

Pengembangan desa ini menjadi desa wisata dimulai pada tahun 2013, dengan mengolah lahan kosong bekas tambang timah. Masyarakat secara swadaya mengubah lahan tersebut menjadi kawasan hijau dan kemudian dikembangkan sehingga memiliki daya tarik wisata.

Kemudian upaya ini membuahkan hasil, yaitu pada 2017, desa ini ditetapkan sebagai Desa Wisata Kreatif Terong oleh Kementerian Desa dan Kementerian Pariwisata.

Karena menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan maka Desa Wisata Kreatif Terong tersebut mendapatkan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan di tahun 2021 dan masuk dalam 300 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia pada tahun 2022.

Wisatawan yang datang dapat melakukan wisata alam, yaitu hiking ke Bukit Tebalu Simpor Laki. Juga wisata agro, yaitu melakukan penanaman sayur sawi atau memberi makan ikan lele di peternakan ikan yang dibudidayakan oleh masyarakat.

Baca Artikel  Catat! Proses Pembentukan Barang Tambang dan Persebarannya

Sementara wisata budaya meliputi pertunjukkan kesenian tradisional berupa seni tari dan musik gambus dilestarikan melalui Sanggar Tari Aik Rusa Berehun. Serta makan bedulang, yaitu makan bersama sajian makanan yang terdapat dalam satu wadah, yang dapat menjadi pengikat tali silaturahmi. 

Masyarakat Melayu Belitong percaya bahwa saat makan bedulang harus duduk secara bersila, filosofinya adalah menunjukkan kesetaraan dan kebersamaan.

Itulah beberapa keunggulan wisata Desa Terong yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan pelancong.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer