Kamis, Juli 25, 2024
Ilmu TambangExcavator Tambang: Si Alat Berat dengan Fungsi Penting

Excavator Tambang: Si Alat Berat dengan Fungsi Penting

Excavator tambang adalah termasuk kedalam alat berat, yang memiliki fungsi penting di lapangan pertambangan. Excavator memiliki bentuk menyerupai mobil dengan bagian depan terdapat lengan pengeruk.

Adanya alat berat di lapangan pertambangan ternyata mampu mengurangi kecelakaan kerja. Pekerjaan dengan intensitas tinggi seperti menambang akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan dari alat yang sudah mumpuni.

Berikut adalah empat fungsi utama dari Excavator Tambang.

  • Alat Pengeruk.

Pada lengan Excavator terdapat bagian runcing seperti garpu yang digunakan untuk mengeruk permukaan tanah yang keras.

Pengerukan merupakan salah satu kegiatan yang sering dijumpai di lapangan pertambangan. Akan sangat sulit dan tidak efektif jika masih mengandalkan alat keruk konvensional seperti cangkul, dan tenaga manual.

  • Alat Pengangkut.
Baca Artikel  UU Minerba Buka Lembaran Baru Pertambangan Indonesia

Selain mengeruk Excavator juga memiliki fungsi untuk mengangkut material hasil pertambangan. Sisi dari lengan Excavator berbentuk wadah yang memiliki kapasitas besar. 

Alasan lainnya adalah, karena bentuk rodanya berbentuk rantai yang memudahkan proses pengangkutan. Rantai rodanya mampu menjaga keseimbangan beban, sehingga aman jika harus melewati medan kasar dan tidak rata.

  • Alat Penghancur.

Bagian lengan Excavator memiliki bobot yang berat sehingga dapat digunakan sebagai penghancur material. Hal ini tentunya memudahkan para pekerja untuk menghancurkan material yang sudah ditargetkan.

Baca Juga : Ini Tips Mendapatkan Sertifikasi Operator Alat Berat Tambang

  • Meratakan Permukaan Tanah.

Bekas lubang dan galian yang banyak ditemukan di lapangan pertambangan, akan sulit jika ditutup dengan teknik konvensional. Hasilnya pun tidak akan maksimal, menyita banyak waktu dan tenaga.

Baca Artikel  INDY Kucurkan Dana 7 Miliar untuk Proyek EBT

Pada lengan Excavator, terdapat permukaan yang rata. Sehingga dapat digunakan untuk meratakan lubang bekas pertambangan dengan hasil yang lebih efisien.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer