Minggu, Mei 26, 2024
Ilmu TambangIni Tips Jika Pengemudi Truk Tambang Mengalami Rem Blong

Ini Tips Jika Pengemudi Truk Tambang Mengalami Rem Blong

Pengemudi Truk Tambang – Sebagai armada niaga truk di pertambangan, dump truck atau truk khusus tambang sering kali mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti rem blong di tengah perjalanan. 

Tentunya hal ini sangat membahayakan pengemudi dan pengguna mobil di sekitarnya. Tak heran bila masalah rem blong pada truk tambang kerap kali memicu kecelakaan. 

Seringkali masalah seperti ini banyak yang mengira diakibatkan oleh kelebihan muatan di luar standar. Padahal bisa jadi ada kalanya rem blong terjadi karena perawatan dan pencegahan kendaraan yang kurang maksimal. 

Nah jika pengemudi truk berada di situasi emergency dengan keadaan rem blong saat bekerja, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan pengemudi guna mencegah kecelakaan.

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pengemudi truk harus terbiasa mengidentifikasi situasi dan bahaya dari jauh.  Salah satunya dengan memelihara pandangan sejauh mata memandang.

Dengan demikian, pengemudi truk bisa memahami situasi kiri dan kanan bahu jalan, sehingga apabila berada di situasi emergency seperti ini sudah tahu kondisi kanan dan kirinya.

Selanjutnya apa lagi? Pengemudi diharapkan jangan panik ketika mengalami rem blong. Usahakan kaki tidak perlu menginjak rem lagi, karena sudah pasti tidak akan berfungsi kembali. Sebaiknya pikirkan cara untuk memperlambat laju truk, misalnya dengan cara exhaust brake dan engine brake.

Lakukan pengurangan kecepatan dengan kedua cara di atas, jika dirasa laju kendaraan masih belum terkendali maka bantu dengan rem kaki.  

Namun jika dirasa truk masih dalam kecepatan tinggi, pengemudi harus cari pilihan lain. Seperti membuka kunci pintu agar mudah untuk keluar ketika sudah kecepatan mulai berkurang. 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan pengemudi truk apabila mengalami rem blong saat bekerja. Seperti yang telah dijelaskan di awal, demi mencegah rem truk blong sebaiknya baik pengemudi dan perusahaan sama-sama rutin melakukan perawatan terhadap aset perusahaan, seperti truk tambang. Tujuannya agar masalah seperti ini dapat dihindari sejak dini. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer