Selasa, April 16, 2024
Berita TambangKenali 10 Mata Kuliah Teknik Pertambangan untuk Sarjana

Kenali 10 Mata Kuliah Teknik Pertambangan untuk Sarjana

ilmutambang.com – Bagi kamu yang menjatuhkan pilihan di jurusan teknik pertambangan, maka kamu juga perlu mengenali mata kuliah apa saja yang dipelajari di bidang tersebut, khususnya untuk tingkat awal atau sarjana (S1).

Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam menggambarkan secara utuh tentang dunia pendidikan yang sedang kamu tekuni. 

Secara umum, semua mata kuliah di teknik pertambangan berkaitan dengan proses tambang mineral.

Mulai dari batubara, emas, timah, dan komoditas berharga lainnya. Selanjutnya, dalam pembahasan lengkapnya, mahasiswa juga akan mempelajari kegunaan mineral, cara pengolahannya, hingga prospek kerja yang sesuai di lapangan.

10 Mata Kuliah Teknik Pertambangan

Berikut diuraikan secara lengkap 10 mata kuliah utama teknik pertambangan untuk tingkat sarjana (S1).

  1. MIPA

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) nantinya akan menjadi mata kuliah pengantar di jurusan teknik pertambangan.

Hal-hal dasar yang dipelajari di jurusan ini meliputi bidang matematika, fisika, dan juga kimia. Semuanya perlu dipelajari dan dikuasai sebagai acuan dasar untuk kerja di dunia tambang.

  1. Geologi Fisik

Ilmu geologi fisik identik dengan proses  apa saja yang terbentuk di dalam dan di atas permukaan bumi. Baca Juga: 8 Jenis Pekerjaan di Industri Tambang yang Wajib Diketahui

  1. Kristal dan Mineral

Mata kuliah ini digunakan untuk belajar tentang kristal dan mineral. Lebih spesifiknya, di mata kuliah ini mahasiswa akan  mendapat penjelasan tentang  definisi,  ciri-ciri/sifat  kristal  dan  mineral, kristalografi  bentuk  luar  dan  orde  internal,  kimia  kristal,  mineralogi  fisik  dan  kimia, sistematika  mineralogi,  mineral  dalam  batuan,  genesa  dan  asosiasi  mineral,  mineral ekonomi  dan  mineral  permata.  

  1. Mekanika

Ilmu mekanika mempelajari tentang gerak dan gaya suatu benda. Mata kuliah terdiri dari mekanika teknik, mekanika batuan, dan mekanika fluida.

Baca Artikel  Kontribusi Tambang Membangun Peradaban Manusia
  1. Tektonofisik

Di mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari hubungan dan evolusi deformasi skala besar di bagian luar bumi yang diakibatkan oleh gaya-gaya yang bekerja di dalam bumi.

Secara umum arti kata tektonik sama dengan struktur geologi yaitu membangun atau merekonstruksi dalam skala yang lebih besar (global atau regional).

Baca Artikel  Tertarik Kerja di Perusahaan Tambang? Simak 5 Faktanya

  1. Petrologi

Ilmu yang berkaitan dengan studi batuan dan kondisi terbentuknya ini memiliki tiga cabang dilihat dari tiga jenis batuan, yaitu sedimen, metamorf, dan beku.

  1. Statistika

Ilmu ini mempelajari tentang data, mulai cara pengumpulan hingga penyajiannya.

Baca Artikel  Ini Rencana Kideco Jaya Agung dalam Hilirisasi Batubara
  1. Termodinamika

Termodinamika merupakan bagian dari cabang Fisika yang namanya Termofisika (Thermal Physics).

Termodinamika adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara energi dan kerja dari suatu sistem.

Termodinamika hanya mempelajari besaran-besaran yang berskala besar (mikroskopis) dari sistem yang dapat diamati dan diukur dalam eksperimen

  1. Manajemen Eksplorasi

Tidak hanya mempelajari hal-hal berkaitan tentang proses penambangan, kamu juga akan diajari tentang cara mengatur tambang itu sendiri. Mulai dari perencanaan tambang, analisis investasi, hingga hasilnya.

Baca Artikel  Yuk Kenali Alat untuk Perawatan Jalan Tambang

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer