Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubara3 Daerah Ini Miliki Cadangan Batubara Terbesar di Indonesia

3 Daerah Ini Miliki Cadangan Batubara Terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil tambang. Salah satu hasil tambang di Indonesia adalah batubara yang persebarannya terdapat Sumatera sampai Jawa.

Dilansir dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, total sumber daya batubara di Indonesia adalah 143,7 miliar ton dengan total cadangan batubara sebesar 38,84 miliar ton. Total sumber daya tersebut menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi batubara terbesar di dunia.

Kira-kira daerah mana saja ya yang memiliki potensi batubara terbesar di Indonesia? Simak info nya di bawah ya:  

1. Kalimantan

Daerah dengan potensi cadangan batubara terbesar pertama di Indonesia adalah Kalimantan. Data per Februari 2022 menunjukan, pulau ini menyimpan sebesar 25,84 miliar ton dan sumber daya sebesar 88,31 ton. Kalimantan menyimpan sebanyak 62,1% sumberdaya batubara Indonesia. 

Baca Artikel  Cadangan Batubara Indonesia Sebanyak 37 Miliar Ton

Kalimantan Selatan memiliki tambang batubara. Ada dua kelompok perusahaan di Kalimantan Selatan yaitu kelompok PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara) dan IUP (Izin Usaha Pertambangan).

Daerah yang memiliki cadangan batubara di Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Balangan dan Tabalong.

2. Sumatera

Daerah dengan potensi batubara terbesar kedua di Indonesia adalah Sumatera. Pulau ini menyimpan sebanyak 55,08 miliar ton sumber daya, sedangkan cadangannya sebesar 12,96 miliar ton.

Mengutip dari sudutenergi.com, beberapa daerah yang memiliki cadangan batubara di Sumatera yaitu Meulaboh (Aceh), Sawahlunto (Sumatera Barat), dan Tanjung Enim (Sumatera Selatan).

3. Jawa

Selain pulau kedua pulau di atas, pulau juga Jawa memiliki potensi batubara yang cukup melimpah. Pulau Jawa memiliki potensi batubara yang tersebar di beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Berdasarkan data Neraca Batubara bulan Juli 2020, sumber daya batubara di pulau Jawa sebanyak 58,5 juta tons, sedangkan cadangan batubara sebanyak 7,23 juta ton.

Baca Artikel  Berapa sih Cadangan Batubara yang Dimiliki Indonesia?

Itu dia deretan tiga daerah yang memiliki cadangan batubara terbesar di Indonesia. Semoga dengan cadangan yang melimpah tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Apakah daerahmu termasuk Kawan Tambang?  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer