Jumat, Maret 1, 2024
Ilmu Tambang3 Tips Perawatan Kontainer Tambang Agar Tetap Prima!

3 Tips Perawatan Kontainer Tambang Agar Tetap Prima!

Kontainer merupakan media sarana penyimpanan yang digunakan dalam proses pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kontainer memiliki peran yang cukup penting di dunia pertambangan, salah satunya untuk memindahkan barang tambang.

Selain itu, ada juga peran lain kontainer di tambang. Dengan dimodifikasi, kontainer bisa digunakan menjadi tempat tinggal karyawan, kantor, musala, hingga toilet untuk mining site yang biasanya sulit dijangkau.

Agar kontainer bisa berfungsi maksimal di pertambangan, jangan lupa untuk dirawat. Semakin baik perhatian dan perawatan yang diberikan, maka semakin lama unit bisa bertahan untuk digunakan. Berkurang pula budget yang dibutuhkan untuk membeli unit baru yang diletakkan di lokasi tambang lain.

Baca Juga : 3 Masalah Pada Truk Tambang, Begini Cara Pencegahannya!

Lalu, seperti apa sih tips perawatan kontainer saat di area tambang agar kondisinya tetap prima? Simak penjelasannya di bawah ya!

  1. Menjaga Kontainer di Tempat Datar

Tips perawatan kontainer yang pertama yaitu tentang lokasi peletakannya. Lokasi yang tidak datar rupanya bisa membuat kontainer jadi cepat rusak saat digunakan.

Hal ini disebabkan kondisi permukaan tanah yang tidak rata membuat salah satu sisi kontainer harus menopang beban yang lebih besar dibandingkan dengan sisi lainnya. Alhasil, sisi tersebut jadi lebih cepat rusak.

Selain itu, lokasi datar bisa membantu kontainer terhindari dari karat berkat karena tidak ada air yang menggenang pada bagian bawahnya.

  1. Tips Merawat Pintu Kontainer

Tips perawatan kontainer selanjutnya yaitu merawat pintu kontainer agar tidak cepat rusak. Kamu bisa memberi minyak pada bagian pintu supaya pintu tidak macet ketika sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain itu, pintu yang macet juga bisa membuat pekerjaan jadi terhambat dan lebih lama. Masalah keluar masuk barang di area tambang juga bisa cepat teratasi. Hal tersebut tentu bisa meningkatkan produktivitas di tambang. Bahkan, bisa mencegah terjadinya kerugian lebih besar.

  1. Membersihkan Kontainer Secara Berkala

Kontainer bisa dibersihkan dari karat dan debu secara berkala. Hal ini bertujuan agar kondisi kontainer jadi lebih terjaga dan bisa tahan lebih lama. Kontainer yang bersih juga tentunya bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis logistik di pertambangan.

Itu dia tiga tips merawat kontainer tambang agar tetap prima saat digunakan bekerja. Intinya, dengan memperhatikan kualitas peralatan logistik tambang, dipastikan bisa meningkatkan produktivitas bahkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer