Minggu, Juni 16, 2024
Berita Tambang3 Masalah Pada Truk Tambang, Begini Cara Pencegahannya!

3 Masalah Pada Truk Tambang, Begini Cara Pencegahannya!

Masalah Truk Tambang – Seringkali masalah pada truk tambang kali terjadi di tengah perjalanan, salah satunya truk tambang atau dump truck yang notabennya senantiasa membawa material berat bahan tambang.

Tak sedikit pula masalah pada truk ini seringkali menjadi pemicu kecelakaan di lintasan. Oleh karena itu, pencegahan dan penanganan yang tepat perlu dilakukan. khususnya kepada perusahaan tambang yang menggunakan truk sebagai alat utama.

Nah, apa saja sih masalah pada truk tambang yang sering terjadi? Yuk simak di bawah: 

  1. As Roda Patah

Masalah yang cukup sering dialami oleh truk tambang adalah patah as roda. Hal ini biasanya disebabkan oleh muatan yang diangkut truk melebihi batas yang disarankan oleh pabrikan atau produsen kendaraan.

Tak hanya itu saja, kurangnya perawatan pada kaki-kaki truk juga dapat menyebabkan komponen as roda semakin melemah, misalnya berkarat dan akhirnya keropos karena terlalu sering tertutup kotoran yang mengendap dan jarang dibersihkan.

Tentunya as roda yang patah saat truk tambang sedang jalan dapat memicu kecelakaan, karena otomatis penumpu truk akan hilang. Terlebih lagi beban truk beserta muatannya itu sendiri yang lumayan berat dan dapat mencelakakan pengguna jalan lain

  1. Ban Pecah

Masalah berikutnya yang kerap kali terjadi pada truk tambang adalah ban pecah. Biasanya pemicu ban truk pecah adalah karena muatannya yang berlebihan dan minimnya perawatan. Tak heran bila banyak truk menggunakan ban afkiran. Namun tentu saja ini tidak aman.

Sama seperti dengan as roda yang patah, ban sebagai tumpuan kendaraan juga dapat menyebabkan truk hilang kendali bahkan terbalik apabila sampai meletus. Terlebih dengan muatan yang besar dan kecepatan tinggi. Sekali lagi dikarenakan permasalahan ban kendaraan dan muatan. 

  1. Kopling Aus Habis

Permasalah selanjutnya adalah pada bagian kopling aus yang juga lazim terjadi pada truk. Hal ini biasanya diakibatkan karena truk terlalu sering membawa beban berat sehingga mempengaruhi laju kendaraan.

Apabila kopling aus habis bisa menyebabkan truk tidak bisa berjalan meski putaran mesinnya sudah tinggi, atau jika berjalan pun akan menyebabkan selip karena gigi transmisi akan sulit pindah dan tentunya membahayakan terutama saat jalan menanjak.

Berbagai masalah pada truk tambang saat beroperasi bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun. Namun, hal ini bisa dicegah jika senantiasa melakukan perawatan secara rutin, serta menggunakan kendaraan sesuai dengan standar, dan senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas.

Perawatan untuk truk tambang, dump truk atau truk khusus tambang tentunya menjadi prioritas utama yang tidak bisa disepelekan, terutama bagi para pelaku industri demi mencegah kecelakaan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer