Selasa, April 16, 2024
EmasAmazing! 5 Masjid Berlapis Emas Tercantik di Dunia

Amazing! 5 Masjid Berlapis Emas Tercantik di Dunia

ilmutambang.com – Saat ini Masjid sebagai tempat ibadah sudah banyak yang menggunakan desain modern. Bangunan tempat ibadah ini tidak hanya dibuat modern, tapi juga mendapatkan sentuhan futuristik, seperti penggunaan material logam mulia. 

Masjid berlapis emas merupakan bukti nyata canggihnya teknologi yang digunakan oleh peradaban manusia saat ini di bidang arsitektur.

Berikut ini beberapa masjid yang memiliki kilauan emas yang melapisinya:

  1. Masjid Jame’ Asr, Brunei Darussalam

Masjid Jame’Asr dibangun pada 1980 untuk memperingati masa pemerintahan Sultan Hassanal Bolkiah ke 25 tahun. Masjid ini memiliki 29 kubah berlapis emas 24 karat, empat menara setinggi 189 kaki dengan luas 2 hektar, yang dapat menampung 5.000 jamaah. 

  1. Masjid Al-Askari, Irak

Masjid berlapis emas ini berdiri sejak 944 Masehi dan merupakan salah satu masjid dengan kubah emas di dunia. Namun pada 2006 serangan Amerika Serikat ke Irak lalu itu telah menghancurkan Al-Askari sehingga tidak dapat digunakan lagi.

  1. Qubbah As Sakhrah, Palestina

Qubbah As Sakhrah memiliki kubah emas dibangun pada 690 Masehi oleh salah satu Raja Bani Umayah, Abdul Malik bin Marwan. Letaknya dekat dengan Al-Aqsha.

  1. Sunehri Lahore, Pakistan

Sunehri Mosque dibangun pada 1753 M oleh anak Wakil Gubernur Lahore, Nawab Syed Bhikari Khan, dengan tiga kubah emas. Masjid ini jika dilihat dari kejauhan mirip seperti istana di negeri Aladin. Di dalam bangunannya konon ada makam yang disepuh emas.

  1. Dian Al Mahri, Depok

Masjid Kubah Emas berada di Depok, mulai dibangun sejak 1999 namun baru diresmikan pada 2002, luasnya mencapai 8.000 meter persegi. Bangunan bergaya Timur Tengah ini dilengkapi dengan enam menara berlapis batu granit asli Italia. Puncaknya berlapis logam mulia 24 karat. Sementara interiornya didominasi dengan warna monokrom.

Kawan tambang, emas memang merupakan simbol kemewahan. Maka tidak mengherankan jika logam mulia ini sering dijadikan sebagai pelengkap arsitektur rumah ibadah untuk menambah kesan elegan dan mewah.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer