Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang6 Pekerjaan Ini Ada Pertambangan Emas

6 Pekerjaan Ini Ada Pertambangan Emas

ilmutambang.com – Pertambangan emas dinilai mampu memberikan keuntungan berlimpah. Bekerja di tambang emas selalu menjadi incaran karena pendapatannya yang tinggi.

Namun, pekerjaan di pertambangan emas cukup rumit dan tidak semudah yang dikira. Banyak pihak dilibatkan supaya sebuah tambang dapat menghasilkan komoditas emas dengan nilai jual tinggi. 

Berikut berbagai jenis pekerjaan di tambang emas: 

  1. Ahli Geologi

Ahli geologi bertugas menganalisa struktur tanah pada wilayah pertambangan dan melakukan perencanaan fasilitas tambang, yang sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih terarah.

  1. Insinyur Tambang

Insinyur bertugas untuk melakukan perencanaan dan pengawasan fasilitas pertambangan, dengan mengembangkan model pembangunan dan akses untuk aktivitas pertambangan.

  1. Teknisi atau Operator Tambang 
Baca Artikel  Reklamasi dan Restorasi, Dua Kegiatan Wajib Setelah Penambangan Selesai

Teknisi bertugas untuk mengoperasikan berbagai peralatan berat dan ahli tentang prosedur ekskavasi tambang.

  1. Ahli Lingkungan

Ahli lingkungan bertugas menganalisa potensi kerusakan lingkungan apabila aktivitas pertambangan dilaksanakan. Mereka membuat perencanaan aktivitas pertambangan yang berwawasan lingkungan supaya flora, fauna, kondisi tanah, udara dan air di area pertambangan tidak terancam. Selain itu, melakukan pengendalian polusi di lingkungan sekitar tambang. 

  1. Ahli Keuangan

Ahli keuangan bertugas mengelola arus keuangan perusahaan pertambangan, dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Mereka juga memastikan keperluan fasilitas tambang, upah pekerja dan berbagai kebutuhan dana lainnya.

  1. Ahli Pemasaran

Ahli pemasaran bertugas menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan yang membutuhkan produk hasil tambang. 

Baca Artikel  Berkat Bantuan PT Kideco, Bakpia Sari Berkah 99 Tembus Pasar Nasional

Kawan tambang, perusahaan tambang emas memerlukan berbagai macam ahli untuk membangun dan menjalankan perusahaan tersebut. Dari ahli geologi sampai pemasaran. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer