Rabu, Februari 21, 2024
Ilmu TambangApa Itu Penambangan Bawah Tanah? Yuk Simak Penjelasannya..

Apa Itu Penambangan Bawah Tanah? Yuk Simak Penjelasannya..

Tambang bawah tanah merupakan metode pengambilan bahan mineral yang dilakukan dengan membuat terowongan menuju lokasi mineral.

Berbagai macam logam diambil melalui metode ini, seperti emas, tembaga, seng, nikel, dan timbal. Dikarenakan letak cadangan berada jauh di bawah tanah, maka jalan masuk dibuat untuk mencapai lokasi tersebut. 

Jalan masuk dalam pertambangan bawah tanah dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu: 

  1. Ramp

Ramp adalah jalan masuk berbentuk spiral atau melingkar mulai dari permukaan tanah menuju ke tempat cadangan mineral.

  1. Shaft

Shaft adalah lubang tegak (vertikal) yang digali dari permukaan menuju cadangan mineral. Shaft dipasangi lift yang berfungsi mengangkut orang, alat, atau bijih.

  1. Adit

Adit adalah terowongan mendatar (horisontal) yang dibuat di sisi bukit atau pegunungan menuju ke lokasi cadangan mineral. 

Baca Artikel  Simak 3 Kegiatan Ekonomi di Pertambangan

Ada dua tahap dalam metode tambang bawah tanah, yaitu development (pengembangan) dan production (produksi).

  • Tahap development, semua yang digali adalah batuan tak berharga, termasuk pembuatan jalan masuk dan penggalian fasilitas-fasilitas bawah tanah lain. 
  • Tahap production adalah kegiatan penggalian sumber bijih itu sendiri. Tempat bijih digali disebut stope (lombong). 

Melalui metode penanmbangan bawah tanah ini, semua pekerjaan yang dilakukan di bawah tanah dengan panjang terowongan dapat mencapai ribuan meter. Sehingga diperlukan usaha khusus untuk mengalirkan udara ke semua sudut terowongan. 

Selain mensuplai oksigen yang cukup, ventilasi juga harus memastikan agar semua udara kotor dan gas beracun hasil pembuangan alat-alat diesel dan yang ditimbulkan oleh ledakan bisa segera dialirkan keluar. 

Baca Artikel  3 Jurusan Ini Berpeluang Digaji Puluhan Juta/bulan, Tertarik Masuk?

Untuk mengalirkan udara ke dalam dan ke luar terowongan, digunakanlah fan (kipas) raksasa dengan berbagai ukuran dan teknik pemasangan.

Sedangkan untuk menjaga kestabilan terowongan diperlukan penyangga-penyangga terowongan. Berbagai pilihan metode penyanggaan (ground support) telah dikembangkan. Penyanggaan yang baik akan mendukung kelangsungan kinerja dan juga keselamatan semua pekerja.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer