Senin, April 15, 2024
Berita Tambang3 Jurusan Ini Berpeluang Digaji Puluhan Juta/bulan, Tertarik Masuk?

3 Jurusan Ini Berpeluang Digaji Puluhan Juta/bulan, Tertarik Masuk?

Apakah Kawan Tambang saat ini seorang pelajar yang sedang mempertimbangkan jurusan kuliah? Serta sembari membayangkan bagaimana kehidupan berkarir nanti?

Kalo benar, kamu harus segera mempersiapkan banyak hal nih. Sudah menjadi rahasia umum setelah merampungkan studi di bangku kuliah, dunia kerja adalah jenjang selanjutnya yang pasti kamu hadapi setelah kuliahmu selesai.

Berbicara tentang karir setelah berkuliah, peluang dan penghasilan kerja biasanya menjadi dua faktor yang menjadi bahan pertimbangan. Jurusan dengan gaji tertinggi pun tak luput dari riset serta pilihan para siswa.

Nah, untuk Kawan Tambang yang membutuhkan informasi mengenai pilihan pekerjaan dengan penghasilan cukup fantastis, berikut ini lima pekerjaan dari berbagai jurusan dengan gaji tertinggi di tahun 2021:  

  1. Ahli Pertambangan
Baca Artikel  Penasaran Bagaimana Mengoperasikan Dump Truck? Ini Caranya..

Ahli Pertambangan biasanya bekerja melakukan survei lapisan permukaan untuk mengidentifikasi karakteristik tanah dan tambang potensial, merancang, menerapkan, dan mengawasi perkembangan fasilitas tambang. 

Resiko dan kesulitan pekerjaan ini cukup terbilang besar. Kamu harus benar-benar menguasai teknik, desain, teknologi, matematika, serta produksi dan pengolahan.

Tapi dengan resiko tersebut, gaji yang didapat juga bisa terbilang cukup fantastis lho. Fresh graduate yang bekerja di bidang ini dapat memperoleh penghasilan mulai 6 hingga 8 juta rupiah per bulan.

Sementara jika kamu memiliki banyak pengalaman dan mengisi posisi staf level menengah atau senior, kamu bisa digaji sebesar 30 juta rupiah per bulannya. Angka yang cukup besar bukan? 

  1. Arsitek


Arsitek bertugas dalam merancang, mendesain sebuah bangunan baru, ataupun merancang proyek renovasi bangunan yang ada. Bekerja di profesi ini tentu bukanlah pekerjaan yang mudah.
Tanggung jawab arsitek harus memastikan desainnya cocok, fungsional, aman serta memperhatikan penuh proyek yang digarap. Oleh Karenanya, arsitek termasuk dalam jajaran jurusan yang memiliki gaji tinggi. 

Mempelajari banyak ilmu dan menyerap pengalaman di masa perkuliahan memberikan mereka gaji yang sangat sebanding. Pendapatan seorang arsitek bahkan bisa mencapai sebesar 1 miliar hingga 2 miliar rupiah per tahunnya.

Tentunya gaji tersebut pun masih bisa meningkat, tergantung pada jenis dan berapa banyak proyek yang dikerjakan. 

  1. Ahli Konstruksi
Baca Artikel  Negara-negara Penghasil Batubara Terbesar Dunia, RI Masuk?

Terakhir yaitu seorang ahli konstruksi. Profesi ini termasuk salah satu bidang pekerjaan dengan gaji cukup tinggi, mengingat industri infrastruktur yang kian berkembang pesat.

Mulai dari melaksanakan tugas yang melibatkan kerja fisik di lokasi konstruksi, mengkoordinasikan berbagai pekerjaan terkait konstruksi dan perawatan struktur, fasilitas, dan sistem, sampai berpartisipasi dalam pengembangan konseptual sebuah proyek konstruksi.

Seorang Project Manager di bidang konstruksi digaji rata-rata 30 hingga 70 juta rupiah per bulannya, dan Ahli Konstruksi yang memiliki “jam terbang” atau pengalaman bahkan bisa menghasilkan 60 rupiah juta per bulan.

Itu dia tiga jurusan yang berpeluang mendapatkan penghasilan tinggi di dunia kerja. Melihat prospek yang cerah dari ketiga jurusan tersebut, kira-kira Kawan Tambang mau memilih jurusan apa nih saat kuliah nanti? 

Baca Artikel  3 Upaya Reklamasi Tambang Demi Menjaga Lingkungan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer