Senin, April 15, 2024
MinerbaBatubaraNegara-negara Penghasil Batubara Terbesar Dunia, RI Masuk?

Negara-negara Penghasil Batubara Terbesar Dunia, RI Masuk?

[ez-toc]

Negara-negara penghasil batubara terbesar dunia – Hingga saat ini, dunia masih kesulitan dalam melepaskan ketergantungan pada energi fosil yang tak terbarukan.

Salah satunya adalah batubara, yang masih menjadi sumber energi paling besar setelah minyak bumi. 

Meskipun memiliki masalah besar, yaitu polusi emisi karbon dan kerusakan lingkungan, kebutuhan terhadap batubara tidak dapat dielakkan. Bahkan dari tahun ke tahun konsumsinya semakin mengalami peningkatan. 

Sementara itu, cadangan batubara di beberapa negara, termasuk Indonesia mulai menipis lantara terus menerus dilakukan penambangan.

Namun, beberapa negara yang lain, malah semakin meningkatkan produksi komoditas yang dikenal dengan sebutan emas hitam tersebut. 

Baca Artikel  Deretan Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Hal ini berakibat pada posisi negara penghasil batubara terbesar di dunia kerap berganti-ganti. Ada beberapa negara penghasil batubara terbesar di dunia:

Negara-negara Penghasil Batubara Terbesar Dunia

  1. China

China adalah penghasil batubara terbesar di dunia urutan pertama. Produksi batubara di China setiap tahunnya bisa mencapai 3,9 miliar ton. 

Walaupun menjadi negara produsen terbesar, karena konsumsi energi sangat tinggi, China juga menjadi salah satu langganan importir batubara terbesar di dunia. 

  1. India

India menempati posisi kedua sebagai negara penghasil batubara terbesar di dunia. Produksi batubara di India bisa mencapai 756,5 juta ton setiap tahunnya. 

Negara ini masih bergantung pada batubara sebagai sumber energinya, terlebih untuk pembangkit tenaga listrik.

  1. Indonesia

Indonesia adalah negara penghasil batu bara terbesar di dunia yang menempati urutan ketiga. Produksi batu bara di Tanah Air mencapai puncaknya pada tahun 2019 lalu. 

Kemudian pada tahun 2020, produksi batu bara di Indonesia mencapai 562,5 juta ton dan yang paling banyak ditambang dari Kalimantan.  ‘

Baca Artikel  Membidik Peluang Lahan Eks-Tambang untuk Kebangkitan Ekonomi
  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada pada posisi keempat sebagai negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Negeri Paman Sam tersebut menambang batu bara mencapai 484,7 juta ton per tahun 2020. 

  1. Australia

Australia merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam deretan negara penghasil batu bara terbesar di dunia selama beberapa dekade belakangan. Produksi batu bara di negara ini tahun 2020 lalu tercatat mencapai 476,7 juta ton.  

  1. Rusia 

Rusia pernah menjadi salah satu negara yang mengeruk batu bara terbesar di dunia. Akan tetapi, produksi batu bara di Rusia semakin menurun setiap tahunnya sampai menempati posisi keenam. 

Selain itu, sumber energi di negara ini juga berangsur tergantikan dengan gas alam dan juga nuklir. Tahun 2020 lalu, produksi batu bara di Rusia berada di angka 399,8 juta ton.  

  1. Afrika Selatan

Afrika Selatan pada awalnya adalah penghasil batu bara terbesar di dunia, sebelum akhirnya tergeser posisinya oleh beberapa negara yang lain. 

Tahun 2020 lalu, produksi batu bara di negara ini tercatat 248,3 juta ton.

Baca Artikel  5 Tips Wujudkan Zero Accident di Tempat Kerja

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer