Jumat, Maret 1, 2024
MinerbaBatubaraDeretan Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Deretan Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Negara Penghasil Batubara Terbesar

Batubara merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh negara-negara di dunia. Komoditas yang dijuluki sebagai ‘Emas Hitam’ tersebut banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri hingga pembangkit listrik..

Negara-negara sebagai penghasil batubara terbesar di dunia mayoritas berasal dari benua Asia, Amerika hingga Eropa.

Melansir Mining Technology, berikut lima negara penghasil batubara terbesar di dunia pada 2021: 

China

Sepanjang 2021, China telah memproduksi batubara hingga 4,07 miliar ton. Capaian tersebut setara dengan 50,4 persen dari total produksi batu bara dunia.

Volume produksi batu bara China terpaut jauh dari India yang masuk peringkat kedua pada daftar negara penghasil batubara terbesar di dunia

India

Negara yang mayoritas penduduknya beragama Hindu itu berhasil memproduksi batubara hingga 792,14 juta ton selama 2021.

Selain termasuk produsen terbesar di dunia, India adalah pengimpor batubara. India mengimpor batu bara sebanyak 12 persen dari total konsumsi dunia.

Negara Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil batubara terbesar di dunia. Indonesia memiliki cadangan batu bara mencapai 31,7 miliar ton.

Pada 2021, Indonesia berhasil memproduksi batubara sebanyak 613,99 juta ton. Wilayah utama penghasil batu bara di Indonesia berada di Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan

Mayoritas batubara Indonesia diekspor ke luar negeri, sedangkan yang dikonsumsi secara domestik hanya 165,7 juta ton. Kebutuhan emas hitam dari Indonesia tersebut biasanya digunakan untuk pembangkit listrik dan kebutuhan industri di dalam negeri.

Baca Artikel  Lapangan Pekerjaan di Perusahaan Tambang Batubara

Australia

Urutan selanjutnya adalah Australia. Negeri Kangguru ini pada 2021 berhasil memproduksi batu bara sampai 560,59 juta ton

Dengan adanya perang antara Rusia dan Ukraina, Australia bersaing dengan Indonesia sebagai eksportir batubara ke negara lain. Kebanyakan batu bara yang dihasilkan oleh Australia berjenis kalori tinggi. Tidak heran, si emas hitam dari Australia memang sangat diminati oleh negara Eropa.

Amerika Serikat

Cadangan emas hitam Negeri Paman Sam ini menjadi yang terbesar di dunia, yaitu dengan angka 249,9 miliar ton.  Namun sepanjang 2021, negara ini hanya menghasilkan batubara sebesar 524,41 juta ton.

Itulah lima deretan negara-negara penghasil batubara terbesar di dunia berdasarkan situs Mining Technology. Melihat Indonesia berada di posisi ketiga dengan jumlah produksi batu bara sampai 600 juta ton per tahun, semoga hasilnya bisa bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Baca Artikel  Batubara Menjadi Tumpuan Transisi Energi di Tanah Air

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer