Jumat, Maret 1, 2024
Berita Tambang5 Tips Wujudkan Zero Accident di Tempat Kerja

5 Tips Wujudkan Zero Accident di Tempat Kerja

Tidak dapat dipungkiri, melihat kemajuan zaman berbagai jenis industri di seluruh dunia semakin berkembang. Di Indonesia sendiri, seperti industri pertambangan batubara, minyak sampai manufaktur juga ikut berkembang.

Semakin berkembangnya suatu industri, tentu semakin banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan. Oleh karenanya, diperlukan suatu prosedur atau pengawasan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan pekerja dapat merasa aman saat melakukan pekerjaannya.

Demi meminimalisir angka kecelakaan kerja, pemerintah menerapkan program zero accident sebagai bentuk apresiasi pada para perusahaan yang berhasil menerapkan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan baik. 

Lalu, bagaimana sih cara mencapai zero accident di tempat kerja? Simak berbagai tipsnya dalam uraian lengkap berikut ini ya: 

  1. Program Training Bagi Pekerja 
Baca Artikel  Micromine Hadirkan Software Terbaru untuk Pertambangan

Tidak peduli setinggi apa skill dan seberapa banyak pengalaman pekerja dalam bidang tertentu, para pekerja tetap harus patuh mengikuti training untuk semua aspek yang akan mereka pekerjaan.

Sebagai pemberi kerja, pastikan kamu dan tim pengelola perusahaan membuat program training berkelanjutan dan mengupayakan teknik- teknik yang bisa diajarkan agar pekerjaan lebih mudah dan aman.

  1. Berikan Perlengkapan Keselamatan yang Dibutuhkan

Tersedianya perlengkapan keselamatan di tempat kerja, seperti helm, sepatu boots, dan kacamata safety, merupakan langkah pencegahan untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan di tempat kerja. 

  1. Pasang Rambu Keselamatan

Siapa pun berpotensi melanggar aturan keselamatan kerja, terlebih jika sudah dikejar deadline, pekerja bisa saja menghalalkan segala cara untuk cepat menyelesaikannya. Bahkan, pekerja yang paling safety oriented pun kadang melupakan keselamatan kerja mereka.

Intinya, selalu ingatkan pekerja dengan memasang safety sign dan safety poster di beberapa area kerja. Dengan begitu, pekerja akan selalu ingat risiko bahaya dan selalu mematuhi peraturan keselamatan.

  1. Utamakan Keselamatan di Tempat Kerja
Baca Artikel  Teknologi Ultra Super Critical Mampu Tekan Emisi PLTU

Semuanya berawal dari diri sendiri. Jika kamu sebagai pemimpin perusahaan bertindak tegas pada peraturan keselamatan kerja dan berkomitmen, para pekerja tentu akan mencontoh perilaku agar selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja kapanpun dan dalam kondisi apapun.

  1. Memberi Reward Kepada Pekerja

Ini tips terakhir yang terkadang tidak terlalu diperhatikan, berikan penghargaan kepada pekerja. 

Berikan hadiah bagi pekerja yang telah menaati semua peraturan keselamatan dan secara konsisten bekerja dengan efisien. Reward tersebut bisa memotivasi pekerja lain untuk selalu berperilaku aman saat bekerja.

Itu dia lima tips yang bisa diimplementasikan oleh perusahaan tambang demi menghindari kecelakaan di tempat kerja, khususnya di pertambangan.


Mengingat risiko dan ancaman kecelakaan cukup tinggi di pertambangan, tidak ada salahnya untuk mematuhi peraturan keselamatan kerja yang ada agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Baca Artikel  Ketahui 5 Syarat dalam Menentukan Lokasi Pertambangan

Salam Safety Kawan Tambang! 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer