Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangDear Mahasiswa Tambang! Ini Tips Agar Skripsimu Cepat Selesai

Dear Mahasiswa Tambang! Ini Tips Agar Skripsimu Cepat Selesai

Skripsi, satu hal yang menjadi momok tersendiri bagi kalangan mahasiswa tingkat akhir. Sebenarnya, tidak ada yang perlu kamu takutkan kok dari skripsimu asal kamu tekun mengerjakan, pasti akan selesai juga. 

Bagaimana agar skripsi bisa selesai segera? Intip yuk tips supaya skripsi yang sedang kamu kerjakan saat ini bisa cepat selesai: 

1. Kumpulkan niat dari jauh-jauh hari

Untuk mengerjakan skripsi, butuh niat dan keteguhan yang besar. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan niat dari jauh-jauh hari dan bertekad untuk mengerjakan skripsi dengan sebaik-baiknya. 

2. Siapkan Judul Skripsi Cadangan

Judul yang kamu pilih harus disesuaikan dengan jurusan yang kamu jalankan. Coba lihat dari berbagai sudut pandang, apa yang kira-kira bisa dikaitkan dari judul yang kamu pilih dengan jurusan.

Siapkan beberapa judul, setidaknya lima. Jadi jika yang satu ditolak, kamu masih punya banyak judul cadangan.

3. Pastikan Tema Sesuai Minat

Agar skripsi cepat selesai, kamu harus mengerjakannya dengan senang. Bagaimana caranya? Pilihlah tema yang tidak hanya sesuai dengan jurusan, tapi juga kamu minati. Jika senang, kamu akan menikmati setiap proses penelitian maupun pengerjaan. 

4. Membaca Skripsi Orang Lain Sebagai Referensi

Selain menulis, membaca skripsi orang lain menjadi kegiatan yang tidak kalah penting dalam memperbanyak referensi, kosakata, dan gaya tulisan.

Dengan rajin membaca skripsi orang lain, kamu akan memiliki ketersediaan kata-kata yang banyak, serta mengeluarkan ide yang ada.

5. Riset di Sekitar Lingkungan

Jika judul dan tema sudah cukup aman, selanjutnya kamu perlu melakukan riset dari rumusan masalah penelitian.

Riset ini dilakukan untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah tersebut. Kamu juga bisa menggali setiap sudut pandang lainnya. Jika sudah melalui riset, maka kamu sudah melalui langkah awal kesuksesan skripsi.

Baca Artikel  Anak Tambang Wajib Tahu Nih Apa itu Land Clearing!

6. Membuat Deadline Sendiri 

Kamu bisa membuat deadline sendiri disertakan peringatan yang membuatmu merasa rugi jika menunda mengerjakan skripsi.

Kamu harus bisa mengendalikan dirimu sendiri agar disiplin. Kamu juga bisa menerapkan prinsip sehari (minimal sekali), sehingga tidak ada hari tanpa mengerjakan skripsi.

7. Lakukan Pendekatan Langsung ke Lapangan

Melakukan pendekatan langsung ke lapangan ketika mengerjakan skripsi, bisa menjadi penguat bagi data skripsimu. Data yang dikumpulkan untuk skripsi juga akan semakin banyak.

8. Bangun Komunikasi Yang Baik dengan Dosen Pembimbing

Membangun komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing skripsi juga tidak kalah pentingnya. Perlakukan dosen pembimbing sebaik mungkin. Cari tahu kesukaannya agar proses skripsi bisa lebih gampang.

9. Ikuti Seminar dan Workshop tentang Skripsi

Luangkanlah waktu untuk mengikuti seminar dan workshop yang berhubungan dengan topik skripsi kamu.

Dalam seminar biasanya membahas topik-topik yang lebih spesifik, sehingga membantu kamu dalam menemukan ide untuk pengerjaan skripsi.

10. Dikerjakan!

Kiat paling penting dalam skripsi adalah harus dikerjakan! Jangan hanya diratapi karena skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai.

Demikian kiat-kiat pengerjaan skripsi versi anak tambang. Bagaimana? Selamat mencoba ya!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer