Jumat, Maret 1, 2024
MinerbaBatubaraDeretan 4 Provinsi Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia

Deretan 4 Provinsi Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia

Provinsi Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia – Batubara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia.

Batubara merupakan bahan bakar bagi hampir 40 persen pembangkit listrik yang tersebar di seluruh dunia.

Batubara juga digunakan di pabrik-pabrik baja dan semen di berbagai belahan dunia.

Batubara merupakan salah satu bahan bakar industri yang tergolong murah. Batubara juga merupakan pengganti minyak tanah bagi energi rumah tangga.

Pada 2020 Indonesia merupakan produsen batubara terbesar ketiga dunia, setelah China dan India. Cadangan batubara Indonesia masih tersisa 38,84 miliar ton dengan rata-rata produksi sebesar 600 juta ton per tahun.

Selama 2004-2015 secara keseluruhan rata-rata kontribusi sektor pertambangan ini terhadap PDB di Indonesia sebesar 4,59% per tahun atau sebesar Rp. 316,5 Triliun per tahun.

Baca Juga: 4 Jurusan Teknik Ini Bergaji Puluhan Juta, Ada Pertambangan?

Besarnya produksi batubara Indonesia didukung oleh sumber daya dan cadangan batubara yang tersimpan di sejumlah daerah di Indonesia.

1. Papua Barat

Batubara dari Sorong, Papua Barat memiliki kualitas yang sangat terkenal di dunia.

2. Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan merupakan daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia. Hasil batubara di daerah Pulau Laut memiliki kualitas yang baik sehingga diekspor ke luar negeri seperti China, Jepan, dan Amerika Serikat.

3. Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan memiliki tambang yang terletak di Bukit Asam. Batubara yang dihasilkan mencapai sekitar 400 ribu ton per hari.

Selain itu, terdapat pula tambang di Tanjung Enim yang masih memiliki cadangan batubara sebesar 6,36 miliar ton. Sementara jumlah batubara yang berhasil ditambang baru sekitar 1,59 miliar ton.

4. Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat memiliki tambang batubara yang terletak di Sawahlunto. Tambang ini sudah populer sejak abad ke-19 dengan tambang Ombilin. Batubara yang dihasilkan tidak diragukan lagi karena berkualitas tinggi.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer