Jumat, Maret 1, 2024
MinerbaBatubaraIntip Crazy Rich Pengusaha Batubara di Indonesia, Cekidot!

Intip Crazy Rich Pengusaha Batubara di Indonesia, Cekidot!

Pengusaha Batubara di Indonesia – Pekan lalu penguatan harga batubara terpangkas menjadi 1%, setelah pada perdagangan pada Jumat (13/5/2022) harganya terkoreksi nyaris 2%. Di pasar ICE Newcastle (Australia) hingga akhir pekan lalu, harga batubara untuk kontrak Juni ditutup pada level US$ 362 per ton.

Menguatnya harga batubara pekan lalu disebabkan oleh tingginya permintaan, terutama dari India dan Eropa. Secara keseluruhan, dalam sebulan, harga batubara juga masih menguat 12% dan dalam setahun melesat 246%. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ilmu Tambang (@ilmutambang.id)

Beberapa pengusaha batubara di Indonesia yang diuntungkan dari kenaikan harga batubara dunia yaitu sebagai berikut: 

  1. Kiki Barki 

Salah satu pengusaha nasional yang hartanya melejit karena bisnis batubara yaitu datang dari pemilik emiten PT Harum Energy Tbk (HRUM).

Menurut laporan keuangan Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan yang dikendalikan Kiki Barki mencatat pertumbuhan pendapatan hingga 114% menjadi US$ 336,17 juta (Rp 4,82 triliun) dari semula hanya US$ 157,82 juta.

Kekayaan bersih yang dimiliki Kiki tahun lalu ditaksir mencapai US$ 1,6 miliar atau setara dengan Rp 22,96 triliun (kurs Rp 14.350/US$) dan bertengger di posisi 27 orang terkaya di Indonesia.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer