Rabu, Februari 1, 2023
Ilmu TambangKetahui 7 Barang Tambang di Indonesia dan Persebarannya

Ketahui 7 Barang Tambang di Indonesia dan Persebarannya

Pertambangan Indonesia

Indonesia memang kaya dengan berbagai mineral, logam, serta batuan. Indonesia memiliki berbagai jenis hasil tambang yang dimanfaatkan sebagai komoditas ekspor serta penggunaan dalam negeri. Sehingga wajar apabila kegiatan pertambangan di Indonesia sangat tinggi. 

Barang Tambang

Barang tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, namun memberikan banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari bahan bakar, bahan baku industri, bahan baku suku cadang kendaraan, bangunan, serta berbagai macam manfaat lainnya.

Berbagai sumber daya alam di perut bumi tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Setiap wilayah memiliki sumber daya sendiri yang menjadi andalannya. Berikut adalah tujuh hasil sumber tambang di Indonesia serta persebarannya:

  1. Batubara

Batubara dimanfaatkan sebagai bahan bakar, bahan baku industri dan berbagai macam kegunaan lainnya. Si pasir hitam ini banyak tersebar di wilayah Kalimantan, Sumatra Barat, Tanjung Enim dan Sungai Berau.

Baca Artikel  3 Barang Tambang Indonesia Ini Jadi Rebutan Dunia, Apa Saja Ya?
  1. Emas

Emas 52 persen dibuat untuk perhiasan, sisanya untuk bangunan, produk elektronik dan makanan. Emas sendiri banyak ditemukan di Papua, Maluku, Sulawesi, maupun daerah Jawa serta Sumatera. 

  1. Minyak Bumi

Minyak bumi dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan dan pembuatan plastic. Sumber daya tambang ini banyak tersebar di wilayah Jawa dan Sumatera, seperti Lhokseumawe, Muara Enim, Cilacap, Majalengka, Sorong, serta Kalimantan.

  1. Gas Alam

Gas alam digunakan sebagai bahan baku industri plastic dan bahan bakar kendaraan, pembangkit listrik dan LPG. Gas alam banyak ditemukan di wilayah Aceh, Bontang, Tangguh, serta Pulau Natuna. Pemanfaatannya sebagai 

  1. Perak

Perak selain sebagai bahan baku perhiasan juga pembuatan alat-alat rumah tangga. Barang tambang ini biasanya banyak ditemukan di Bengkalis, Cikotok, Meulaboh, dan Rejang Lebong. 

Baca Artikel  Ini Alasan Kenapa Nikel Bantu Indonesia Hadapi Resesi 2023
  1. Timah

Biji timah untuk pembungkus permen, rokok, cokelat dan lain sebagainya. Timah di Indonesia sering ditemukan di Pulau Bangka, Riau, Pulau Karimun dan Manggarai. 

  1. Tembaga

Tembaga untuk industri konstruksi, pembuatan kapal dan pipa air. Persebaran tembaga banyak ditemukan di daerah Papua.

Pemanfaatan barang tambang tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tapi juga negara-negara lainnya di dunia. Ekspor berbagai mineral ini mencapai jutaan ton setiap tahunnya. 

Bagi kamu tertarik dengan informasi seperti ini atau seputar pertambangan lainnya, bisa mengunjungi website Ilmu Tambang untuk eksplorasi lebih jauh. Atau bisa juga follow instagram Ilmu Tambang di @ilmutambang.id untuk mendapatkan update terbaru terkait berita pertambangan lainnya. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer