Kamis, Agustus 5, 2021

Kiprah Perempuan di Industri Tambang

Industri tambang biasanya didominasi oleh kaum pria, mengingat pekerjaan yang dihadapi cukup beresiko dan bisa di bilang menantang. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, menjadikan kaum perempuan juga ikut berkiprah di industri tambang. 

Perempuan yang bekerja di industri tambang ini adalah mereka yang langsung bertugas mengoperasikan armada tambang, bukan yang bekerja di perkantoran industri tambang.

Para perempuan pekerja tambang ini umumnya adalah ibu rumah tangga dan bahkan sebagian dari mereka berstatus single parent.

Ditengah lokasi kerja yang rentan akan bahaya, serta shift kerja yang mengharuskan mereka bertugas saat malam pada realitanya, perempuan yang berkiprah di industri tambang ini mampu menjalani perannya dengan sangat baik.

Kini jumlah perempuan yang berkiprah di posisi manajemen perusahaan tambang secara global perlahan tapi pasti menunjukan peningkatan menjadi 31% setelah 2 tahun ke belakang mengalami stagnan di angka 29%. 

Perempuan dinilai dapat membuat membuat suatu kebijakan dengan kemampuannya yang cakap dalam mengurus berbagai hal, sehingga diharapkan dapat menjadikan industri pertambangan yang sudah ada menjadi lebih baik lagi dengan regulasi-regulasi yang ada.

Baca Juga : Simak Cerita Wanita Tangguh di Balik Alat Berat Tambang

Industri pertambangan di masa yang akan datang akan lebih terjamin dengan kiprah perempuan di dalam bidangnya. Selain menjadi seorang ibu rumah tangga, kelak dapat mengajarkan pengalaman kepada anak-anaknya tentang arti sebuah kehidupan yang pernah dialaminya di industri tambang yang terbilang keras.

Related Articles

Indonesia
518,310
Total active cases
Updated on August 5, 2021 6:38 pm

Latest Articles