Minggu, April 14, 2024
MinerbaBatubaraSimak Tips Mengolah Batubara Jadi Energi Bersih

Simak Tips Mengolah Batubara Jadi Energi Bersih

ilmutambang.com – Guru Besar Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung (ITB), Dwiwahju Sasongko mengatakan, tantangan ke depan adalah mengolah batubara menjadi energi bersih dengan mengembangkan teknologi pengolahan batubara yang lebih ramah lingkungan.

Baca Artikel  Penggunaan Teknologi Batubara Bersih untuk PLTU Ramah Lingkungan

Menurut Sasongko, untuk mengolah batubara menjadi energi bersih, dibutuhkan penelitian mendalam. Terutama untuk mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi berbagai emisi karbon dari proses pengolahan batubara.

Mengolah batubara menjadi energi bersih bisa dilakukan misalnya dengan mengatasi abu dan karbon dioksida tak netral yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara agar bisa diolah kembali dan tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini tengah didalami bagaimana mengonversi karbon dioksida yang dilepaskan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara menjadi produk berharga. 

Pihak Sasongko sendiri telah mengusulkan proses fotokatalitik atau elektrokimiawi agar karbon dioksida tidak langsung dilepaskan ke atmosfer, melainkan dipisahkan dan dimanfaatkan terlebih dahulu untuk menjadi metanol.

Baca Artikel  Cerita Driver Cantik Batubara yang Bermimpi jadi Pramugari

Sehingga metanol tidak hanya dihasilkan batubara, tetapi juga dari buangan karbon dioksida batubara.

Selain itu, untuk mengolah batubara menjadi energi bersih, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga sudah menetapkan dua proyek gasifikasi batubara sebagai proyek strategis nasional. 

Proyek gasifikasi ini dilakukan untuk menghasilkan produk substitusi bahan bakar dan industri kimia, seperti alternatif dimethyl ether (DME) dan metanol.

Selain itu, terdapat pula program pencairan batubara menjadi gasolin dan solar, pembuatan briket batubara untuk kebutuhan biomassa dan briket terkarbonisasi, serta pembuatan kokas untuk batubara metalurgi.

Pemerintah pun memiliki 10 rencana program pengembangan dan hilirisasi batubara serta mengoptimalkan PLTU melalui teknologi batubara yang lebih ramah lingkungan.

Baca Artikel  Penggunaan Teknologi Batubara Bersih untuk PLTU Ramah Lingkungan

Seperti integrated coal gasification combined cycle (IGCC), clean coal technology (CCT), dan carbon capture, utilization, and storage (CCUS).

Upaya-upaya tersebut dilakukan untuk mengoptimalisasi pengolahan batubara di dalam negeri dengan penerapan teknologi yang diklaim lebih bersih dan ramah lingkungan, serta mampu menurunkan kadar sumbangan emisi karbon dari batubara.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer