Minggu, April 14, 2024
Ilmu TambangIni Deretan Manfaat Batubara, Dari Industri sampai Rumah Tangga

Ini Deretan Manfaat Batubara, Dari Industri sampai Rumah Tangga

ilmutambang.com – Batubara merupakan batuan sedimen yang terbentuk dari sisa endapan organik dan mudah terbakar.

Berdasarkan penelitian para ahli geologi, batubara terbentuk sekitar 340 juta tahun yang lalu. Batu bara sendiri berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang telah membusuk ratusan juta tahun yang lalu.

Batubara atau biasa dikenal sebagai emas hitam ini memiliki manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Batubara: Industri, Transportasi dan Rumah Tangga

Adapun seperti yang kita ketahui, manfaat atau kegunaan utama batubara adalah sebagai bahan bakar. Panas yang dihasilkan oleh batu bara sangatlah tinggi dan dapat diubah menjadi energi lainnya.

Nah penasaran kan apalagi manfaat batubara bagi kehidupan selain untuk bahan bakar? Yuk simak informasinya di bawah ini: 

  1. Batubara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 

Batu bara dimanfaatkan dalam bentuk Coal Water Mixture (CWM) yang dapat dimanfaatkan sebagai PLTU.

CMW sendiri yaitu cairan yang berbentuk seperti suspensi. Untuk membakar CMW, bisa dengan menginjeksinya ke dalam tungku yang sebelumnya sudah dipanaskan. 

Baca Artikel  Penuhi Kebutuhan Listrik, Kideco Siap Pasok Batubara Bagi PLN
  1. Menjadi Bahan Bakar Transportasi 

Coal Water Mixture (CWM) yang merupakan bahan bakar campuran antara batu bara dan air dengan bantuan zat aditif ini bisa menjadi bahan bakar transportasi. Kandungan ini berguna untuk membentuk suspensi kental homogen sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM). 

  1. Menghasilkan Produk Gas 

Sisa-sisa proses batubara bisa digunakan mineral lain, seperti fenol dan naftalen. Fenol adalah bahan yang ditemukan dalam obat kumur dan beberapa cairan kebersihan yang mengandung antiseptik. Sedangkan naftalen biasa digunakan untuk memproduksi plastik, resin, dan insektisida. 

  1. Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga 

Tak bisa dimungkiri apabila batubara banyak membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Si emas hitam ini biasanya dapat dimanfaatkan untuk mengganti minyak tanah, seperti memasak. Selain itu, batubara juga dapat membantu menghangatkan ruangan saat musim dingin. 

Baca Artikel  Yakin Gak Tertarik Bekerja di Pertambangan? Ini Loh Manfaatnya..
  1. Membantu Industri Produk Baja 

Batubara dapat membantu industri baja. Nah baja yang dihasilkan dari bahan batubara ini berguna bagi kehidupan manusia seperti untuk peralatan kesehatan, pertanian, transportasi hingga, mesin elektronik yang digunakan dalam rumah tangga.

Itulah deretan manfaat batubara yang berguna bagi kehidupan kita.Hasil alam yang berasal dari bumi memang sangat memiliki banyak manfaat.

Meskipun demikian, kita juga tetap perlu menjaga kelestariannya dan jangan sampai boros dalam menggunakannya ya Kawan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer