Minggu, Mei 26, 2024
Ilmu TambangMengenal 7 Alat Berat di Tambang, Mana Jagoanmu?

Mengenal 7 Alat Berat di Tambang, Mana Jagoanmu?

Mengenal 7 Alat Berat di Tambang – Aktivitas pertambangan tidak dapat dipisahkan sama sekali dari pengoperasian alat-alat berat. Kendaraan alat berat pertambangan ini bekerja untuk mempermudah proses penambangan sehingga bisa berjalan secara efisien.

Penambangan dapat dibagi menjadi dua, yakni penambangan terbuka yang dilakukan di atas permukaan tanah dan penambangan dalam tanah.

Penggunaan alat-alat berat harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan penambangan yang sedang dilakukan. Alat-alat berat tersebut antara lain:

1. Scraper

Scraper bentuknya mirip traktor dan memiliki sisir besar pada bagian bawah. Fungsinya untuk mengupas lapisan tanah pucuk. Karena tanah tidak dikeruk begitu saja, sebab lapisan batubara ada di lapisan pucuk dan tanah penutup.

Baca Artikel  Setelah Pertambangan Selesai, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Perusahaan!

2. Wheel Loader

Wheel Loader bentuknya mirip traktor namun memiliki bucket besar di depan. Bucket tersebut berfungsi untuk memuat batubara ke conveyor dan untuk memuat tanah penutup yang sudah ditimbun ke dalam dump truck untuk proses penutupan lubang.

Baca Juga: 12 Alat Berat di Tambang Emas dan Fungsinya

3. Excavator

Excavator bentuknya mirip wheel loader yang berfungsi menggali lubang secara vertikal. Excavator dipakai untuk menggali tanah penutup, khususnya pada daerah yang basah.

4. Dump Truck

Dump Truck pada dasarnya sama dengan truk pada umumnya, namun kapasitas jauh lebih tinggi. Fungsinya untuk mengangkat material dari area tambang ke kapal tongkang atau tempat penimbunan batubara. Ada 2 jenis dump truck, yaitu articulated dump truck untuk daerah berlumpur dan off highway truck dengan kapasitas muat yang lebih besar.

Baca Artikel  Deretan Pertambangan Energi di Indonesia, Berikut Daftarnya..

5. Bulldozer

Bulldozer alat berat yang digunakan untuk pembukaan lahan yang akan ditambang, yang masih dipenuhi pepohonan dan semak belukar sehingga diperlukannya pembukaan lahan.

6. Motor Grader

Motor Grader alat berat yang digunakan untuk meratakan permukaan tanah dan merupakan alat pendukung untuk memudahkan mobilisasi dump truck.

Baca Juga: Ini 18 Tips Agar Selamat Bekerja di Pertambangan

7. Roller

Roller digunakan untuk mengeraskan permukaan tanah yang akan dijadikan jalan. Hanya memadatkan tanah yang sudah ada supaya tanah tidak akan amblas pada saat dilewati.

Itu dia tujuah alat-alat yang sering dijumpai di pertambangan. Jadi, alat yang mana nih jagoan kamu?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer