Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangSetelah Pertambangan Selesai, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Perusahaan!

Setelah Pertambangan Selesai, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Perusahaan!

ilmutambang.com – Indonesia yang menyandang status sebagai negara megadiversity, dituntut untuk melakukan pelestarian keanekaragaman hayati. Perlestarian ini semakin penting karena risiko kerusakan lingkungan semakin besar dan sangat nyata.

Praktik pertambangan memang telah memberi sumbangan besar bagi pendapatan negara. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa penambangan berdampak terhadap lingkungan. Nah untuk mencegahnya,  maka dibutuhkan tindakan pencegahan dan langkah lanjutan untuk menghindari kerusakan alam tersebut.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati di sekitar wilayah tambang:

  1. Reklamasi Lahan

Mengembalikan kualitas tanah, air dan udara dengan menata lingkungan wilayah pertambangan, mencegahan erosi, menanaman dan memelihara pohon untuk menutup bekas galian tambang.

  1. Rehabilitasi Hutan
Baca Artikel  Jangan Kaget! Gaji Pekerja Tambang Batubara Tembus Rp110 Juta

Menjaga flora dan fauna asli secara perlahan melalui rehabilitas hutan, sehingga lingkungan pertambangan lebih cepat dipulihkan dan dikembalikan. Ekosistem dapat kembali seperti semula, vegetasi akan terbentuk dengan sendirinya dan satwa dapat berkembang biak secara wajar.

  1. Menyediakan Ruang Usaha dan Pembinaan

Membina masyarakat sekitar dan menyediakan ruang untuk usaha sebagai perwujudan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan pelestarian lingkungan.

  1. Pemberdayaan Masyarakat

Tanggung jawab nyata perusahaan tambang terwujud dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah kerjanya. Menyediakan fasilitas pendidikan, mendirikan sekolah, membuka rumah baca, menyediakan stasiun radio, fasilitas internet dan layanan publik lainnya.

  1. Membangun dan Mengembangkan Daerah Tujuan Wisata

Pembangunan dan pengembangan tujuan wisata bekas wilayah tambang adalah salah satu cara untuk memberi sumbangan pertumbuhan ekonomi. Misalnya, dengan menciptakan lingkungan yang menarik di wilayah bekas tambang, ini akan menarik orang dari luar daerah untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut. 

Baca Artikel  Deretan Pertambangan Energi di Indonesia, Berikut Daftarnya..

Untuk jangka panjang ke depan, upaya ini akan sangat bermanfaat, karena secara langsung menggerakkan roda ekonomi dan menambah pemasukan daerah. 

Kawan tambang, kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab besar bagi perusahaan tambang. Wujud tanggung jawab tersebut dijalankan perusahaan dimulai dari perencanaan, proses kerja hingga pasca penambangan yang memperhitungkan kelestarian lingkungan hidup di wilayah usahanya.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer