Senin, April 15, 2024
Ilmu TambangMengenal Peranan ESG Perusahaan dan Manfaatnya

Mengenal Peranan ESG Perusahaan dan Manfaatnya

Prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) telah populer di kalangan para investor pada tingkat regional hingga global, yang lahir dari kesadaran akan pentingnya usaha yang berkelanjutan.

ESG merupakan prinsip dasar tata kelola bisnis dan perusahaan dengan memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Sehingga usaha tersebut berdampak positif bagi lingkungan (environment), sosial-kemasyarakatan (social) dan tata kelola usaha (governance). 

Tujuan ESG ini adalah untuk mengukur dampak sosial dan keberlanjutan dari investasi yang dilakukan perusahaan, yaitu:

  1. Environment (Lingkungan)

Kriteria environment atau lingkungan berfokus pada bagaimana kinerja perusahaan dengan cara ramah lingkungan baik dari operasional hingga hasil produk. 

Misalnya, bagaimana perusahaan melakukan penanganan limbah, penggunaan energi yang ramah lingkungan, serta perilaku terhadap flora dan fauna di sekitar perusahaan.

  1. Social (Sosial)
Baca Artikel  Dear Perusahaan Tambang, Ini Manfaat Jika Terapkan ESG

Kriteria sosial ini yaitu perusahaan menjalin hubungan sosial baik pada karyawan perusahaan, konsumen, klien, komunitas dan lainnya yang memiliki hubungan, serta membangun reputasi yang baik di masyarakat. 

Misalnya, memperhatikan hak karyawan, melakukan kegiatan sosial baik pada bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya, yang tentunya berdampak positif bagi masyarakat sekitar perusahaan.

  1. Governance (Tata Kelola Usaha)

Pada kriteria ini yaitu tentang bagaimana perusahaan mampu mengelola aktivitas perusahaan dengan baik dan berkelanjutan secara internal. Hal ini berkaitan dengan standar dan kebijakan perusahaan, budaya, kepatuhan, sistem audit dan informasi. 

Biasanya, perusahaan yang mampu menerapkan ESG secara baik akan diterima pasar dan memiliki daya tarik besar di mata para investor. 

Baca Artikel  Dear Perusahaan Tambang, Ini Manfaat Jika Terapkan ESG

Salah satu perusahaan yang menerapkan aspek ESG dengan baik yaitu PT Kideco Jaya Agung, perusahaan tambang batubara yang melakukan eksplorasi batubara di Paser, Kalimantan Timur. 

Baca Juga: Perusahaan Tambang ESG Lebih Unggul di Puncak Pandemi


Komitmen Kideco terhadap penerapan aspek ESG diwujudkan melalui berbagai program, seperti, kegiatan reklamasi, revegetasi dan rehabilitasi pada area tambang. 

Selain itu, Kideco juga turut membina dan memberdayakan masyarakat secara berkesinambungan, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur serta kemandirian ekonomi masyarakat.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer