Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangMengenal 7 Alat Berat Khusus di Pertambangan Tertutup

Mengenal 7 Alat Berat Khusus di Pertambangan Tertutup

Demi menunjang aktivitas produksi pertambangan agar optimal, dibutuhkan apa yang disebut alat berat. Penggunaan alat berat harus disesuaikan dengan berbagai kebutuhan, misalnya yaitu alat berat khusus pada pertambangan tertutup.

Alat berat dalam tambang tertutup biasanya digunakan untuk mengeksplorasi hasil galian dan mengembangkan lokasi di tambang bawah tanah.  

Setiap alat berat yang digunakan memiliki fungsi sesuai dengan jenisnya. Mulai dari proses pemindahan, penimbunan lapisan penutup, ke pembuatan material, pemecahan, pemindahan batuan keras, pengolahan material, sampai tahap reklamasi pasca tambang. 

Berikut adalah alat berat khusus yang sering dipakai pada metode pertambangan tertutup:

  1. Scooptram

Scooptram berfungsi untuk mengangkut material, dilengkapi dengan bucket besar di bagian depan, juga sebagai pembersih landasan untuk tipe pertambangan bawah tanah.

  1. Underground Mining Truck
Baca Artikel  Anak Tambang Wajib Tahu! Ini Sejarah Excavator di Dunia

Underground Mining Truck berfungsi untuk  mengangkut batuan dan material dari lokasi dalam ke atas permukaan. Ukurannya lebih kecil dibanding truk tambang biasa.

Baca Juga: 5 Alat Berat Pertambangan Terbesar di Dunia, Mana Jagoanmu?

  1. Continuous Miner

Continuous Miner biasanya digunakan untuk mengikis batuan atau bahan galian seperti batubara secara berkesinambungan. Kapasitasnya sekali menambang mampu menampung hingga 5 ton batubara atau material lainnya. 

  1. Scaler

Scaler berfungsi untuk mengikis material yang posisinya di atap serta dinding lokasi penambangan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer