Minggu, April 21, 2024
Ilmu Tambang4 Alasan Perusahaan Tambang Perlu Menerapkan Fleet Management System

4 Alasan Perusahaan Tambang Perlu Menerapkan Fleet Management System

Dalam upaya pengelolaan aset yang lebih produktif, efektif dan efisien, dibutuhkan adanya proaktif management dengan diskusi dan real time feedback dari operator engineer, IT dan divisi lain supaya kendala di lapangan bisa langsung diselesaikan. 

Fleet management system berbasis GPS tracker mampu mengatasi kerumitan administrasi pengelolaan sebuah perusahaan tambang, meminimalkan human error, memperbaiki perilaku pengemudi, menurunkan biaya dan menjadikan kinerja operasional lebih efisien. 

Simpelnya, fleet management system merupakan sebuah sistem terintegrasi yang mampu membantu dalam mengelola aset kendaraan dan biasanya banyak dipergunakan di dunia industri seperti pertambangan, transportasi, konstruksi sampai perkebunan.

Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan dapat memaksimalkan pemanfaatan kendaraan, melakukan pengecekan kendaraan yang beroperasi, melakukan perhitungan bahan bakar, hingga memantau waktu pemeliharaan atau service kendaraan.

Baca Artikel  Kilas Balik Sejarah Pertambangan dan Energi Tanah Air

Berikut ini empat alasan kenapa fleet management system bisa menjadi solusi perusahaan tambang dalam mengelola kerumitan administrasi: 

  1. Efisienkan Jarak Tempuh

Penggunaan fleet management system berbasis GPS tracker, dapat mengetahui persentase penggunaan dan durasi operasional setiap kendaraan perusahaan. Sehingga dapat mengaturnya agar lebih seimbang.

Fleet management system juga memiliki fitur perencana rute dan penugasan kendaraan terdekat ke tujuan.

  1. Digitalisasi Penugasan

Mengelola tugas secara digital disertai dengan pemantauan kendaraan real-time. Fleet management system berbasis GPS tracker dapat mengefektifkan penugasan lengkap dengan informasinya.

Pengemudi menerimanya melalui ponsel dan progres penyelesaian tugas mudah dilacak, disertai bukti pengiriman berupa foto dapat langsung diunggah pengemudi melalui aplikasi. Ini juga memastikan barang yang dikirim sesuai dengan barang yang diambil.

  1. Integrasi Fleet Management Software
Baca Artikel  Harga Timah Meroket, Waktu yang Tepat untuk Menambang

Fleet management software berbasis SaaS seperti Cartrack solusinya memungkinkan manajer, dispatcher, pengemudi, teknisi pemeliharaan, hingga staf administrasi dan keuangan berkoordinasi dalam satu platform.

  1. Inspeksi Rutin Kendaraan

Pemantauan rutin keadaan kendaraan dapat melacak masalah lebih dini, serta memberikan jejak audit yang kuat untuk mempermudah klaim dan pengurusan administrasi lainnya terkait kendaraan.

Fleet management system berbasis GPS tracker memberikan kemudahan melalui fitur pengatur jadwal pemeliharaan berdasarkan tanggal, km dan durasi operasional, juga fitur Driver Vehicle Inspection Report (DVIR) untuk pengemudi dapat melaporkan masalah kendaraan.

Pastikan pengaplikasian fleet management system yang efektif. Gunakanlah fleet management system berbasis GPS tracker dari Cartrack Indonesia untuk menjamin peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya operasional.

Baca Artikel  Mau Terjun ke Dunia Tambang? Pahami Dulu Budaya Kerja!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer