Senin, Mei 27, 2024
Ilmu TambangIni Alasan Kenapa Indonesia Dianugerahi Bahan Tambang Melimpah

Ini Alasan Kenapa Indonesia Dianugerahi Bahan Tambang Melimpah

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dibanding negara-negara lainnya. Tidak heran, banyak negara yang membutuhkan pasokan hasil alam asal Indonesia untuk dikirimkan ke negara mereka.

Terdapat banyak jenis sumber daya alam hayati yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu bahan tambang. Di antara barang tambang yang melimpah di Indonesia yaitu seperti batubara, minyak bumi, nikel, bauksit sampai timah. 

Mengutip data Badan Geologi  Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), salah satu barang tambang batubara, status per Juli 2022, jumlahnya mencapai 148,7 miliar ton dan cadangan 39,56 miliar ton. Cadangan yang cukup melimpah bukan? Ada banyak alasan mengapa sumber

Baca Artikel  Bauksit: Harta Karun Top Tambang Dunia di Indonesia

daya alam tambang di Indonesia melimpah. Untuk lebih lengkapnya, simak informasinya di bawah ini ya:

  1. Indonesia Berada di Jalur Rangkaian Gunung Berapi

Wilayah Indonesia ternyata merupakan bagian dari rangkaian gunung api dunia yakni Sirkum Pasifik. Maka tak heran jika letusan gunung api di Indonesia memberikan kesuburan tanah bagi daerah sekitar yang bermanfaat bagi jenis tanaman yang ditanam di daerah tersebut.

  1.   Indonesia Memiliki Iklim Tropis

Berikutnya wilayah Indonesia terletak di daerah tropis. Hal ini membuat curah hujan di Indonesia tinggi sehingga jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia begitu beragam dan ditambah dengan kesuburan tanah akibat letusan gunung api.

  1.   Indonesia Merupakan Wilayah Pertemuan Lempeng Tektonik.
Baca Artikel  Kenali Lapisan Tanah di Lahan Tambang Batubara

Seperti diketahui, negara Indonesia termasuk negara penghasil batu bara dan emas terbesar di dunia. Hal ini didukung dengan wilayah Indonesia yang menjadi tempat pertemuan lempeng-lempeng tektonik seperti Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Filipina.

Pertemuan lempeng tektonik tersebut membuat kondisi geologis dan geomorfologis Indonesia menjadi kaya akan mineral dan produk-produk tambang.

Ketiga faktor itulah yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki sumber daya alam, salah satunya barang tambang. 

Dari kekayaan alam barang tambang tersebut, tentunya bukan hanya dimanfaatkan oleh masyarakat lokal saja melainkan bisa memberikan dampak positif dalam membantu pertumbuhan ekonomi secara nasional melalui kegiatan ekspor ke mancanegara.

Baca Artikel  Top! 5 Ekskavator ‘Raksasa’ Terbesar di Dunia

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer