Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangAnak Tambang Wajib Tahu Nih 3 Manfaat Pasir Besi!

Anak Tambang Wajib Tahu Nih 3 Manfaat Pasir Besi!

Pasir besi merupakan salah satu material berharga tambang yang memiliki banyak manfaat dalam industri pertambangan. Dalam pengkategoriannya, bahan galian ini masuk dalam kategori jenis pasir yang mengandung besi (magnetit). 

Biasanya pasir besi biasanya sering ditemukan di sepanjang pantai barat Sumatera, pantai selatan Jawa dan Bali, hingga pantai utara Papua. Untuk cirinya akan tampak berkilau dan berwarna hitam. Jika warnanya semakin gelap, maka pasir tersebut mengandung mineral besi yang tinggi.

Pasir besi terbentuk karena proses penghancuran oleh cuaca, air permukaan dan gelombang terhadap batuan asal yang mengandung mineral besi yang kemudian terakumulasi serta tercuci oleh gelombang air laut. 

Adapun untuk manfaat pasir besi secara rinci bisa ditemukan dalam penjelasan berikut ini.

  1. Mendukung Industri Baja
Baca Artikel  Pemerintah Kembangkan Minepedia untuk Optimalkan TKDN

Pasir besi yang sudah dipisahkan dari  bahan pengotor bisa langsung diolah menjadi baja. Biasanya teknologi pengolahan pasir akan mampu menyuplai bahan baku industri baja nasional. Hal ini tentunya akan menciptakan dan mewujudkan kemandirian industri baja nasional.

Baja sebagai bahan baku vital dalam industri memiliki peranan yang sangat penting. Hampir semua peralatan yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari dibuat dari baja.

2. Bahan Baku Pembuatan Semen dan Pembuatan Beton

Penambangan pasir besi di daerah pesisir Indonesia nantinya akan memperoleh pasir besi yang kemudian akan diolah menjadi semen dan beton. Semen dan beton yang dibuat dari pasir besi ini memiliki daya kuat tekan dan kuat tarik yang lebih baik dibandingkan yang lain.

Baca Artikel  Potret Keseruan Magang di Perusahaan Tambang

3. Sarana Edukasi untuk Para Pelaku Penambangan

Sebagai salah satu material yang berharga, cadangan pasir besi pasti tidak akan habis jika ditambang. Namun, jika tidak ditambang dengan baik tentu akan berakibat pada kerusakan lingkungan. Hal ini menjadi alasan mengapa edukasi para pelaku penambangan, khususnya para penambang pasir sangat perlu dilakukan.

Baca Juga : Bagaimana sih Teori Pembentukan Batubara?

Kegiatan edukasi bertujuan melestarikan alam di sekitar tambang besi, mengingat komoditas ini juga memiliki segudang manfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer