Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangBagaimana Cara Menekan Emisi Karbon di Lingkungan Pertambangan?

Bagaimana Cara Menekan Emisi Karbon di Lingkungan Pertambangan?

Masalah kerusakan lingkungan di wilayah tambang selalu menjadi isu yang tidak pernah selesai diperdebatkan. Industri pertambangan sangat erat terkait dengan masalah perubahan iklim, karena kegiatan pertambangan berdampak langsung pada masalah kelestarian lingkungan hidup sekitarnya.

Lingkungan alam yang rusak berkaitan dengan masalah perubahan iklim secara bertahap. Oleh sebab itu diperlukan upaya nyata untuk mencegah penyebaran karbon akibat kegiatan pertambangan tersebut.

Emisi karbon adalah gas yang dikeluarkan akibat pembakaran senyawa yang mengandung karbon atau CO2. Maka beberapa hal yang perlu diketahui supaya upaya pencegahan penyebaran karbon dapat terlaksana:

  1. Memahami penyebaran karbon akibat gas rumah kaca. Sehingga emisi dihasilkan dari energi yang digunakan selama pemrosesan bahan tambang dapat dipantau dan dikendalikan secara langsung oleh perusahaan.

  2. Memantau emisi tidak langsung dari konsumsi sumber daya yang digunakan perusahaan, misalnya pembelian tenaga listrik dari sumber batubara.

  3. Memantau emisi tidak langsung akibat aktivitas ekonomi perusahaan yang tidak bisa dikendalikan oleh perusahaan. Misalnya transportasi barang menuju lokasi hingga emisi dari hasil tambang yang diproduksi.

  4. Mempertimbangkan ulang bahwa kegiatan pertambangan terbuka memiliki emisi gas rumah kaca tinggi, namun biaya berkelanjutannya rendah.

  5. Mempertimbangkan kembali bahwa kegiatan pertambangan bawah tanah memiliki biaya rendah dan tingkat emisi gas rumah kaca rendah. Tetapi pada kenyataanya tidak semua kegiatan pertambangan dapat dilakukan di bawah tanah.

Kawan tambang, pemanfaatan energi air, matahari, angin dan panas bumi akan lebih efektif membantu menurunkan kadar karbon dalam usaha pertambangan.

Di samping penataan dan pengarahan dari awal semua kegiatan penambangan yang berwawasan kelestarian lingkungan untuk mengurangi emisi karbon tersebut.

Baca Artikel  Ada Lowongan Kerja di PT Kideco untuk 1 Posisi! Yuk Catat Syaratnya..

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer