Selasa, Juni 15, 2021

Batubara Masih Menjadi Sumber Energi Efisien

Menurut berbagai kalangan, tingkat keefisienan dan kestabilan pasokan serta harga batubara yang masih terjangkau, pada akhirnya batubara masih menjadi sumber energi efisien pilihan paling rasional untuk energi listrik di Indonesia. 

Ketua Umum Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia-Ikatan Ahli Geologi Indonesia (MGEI-IAGI) Budi Santoso menilai murahnya harga energi batubara disebabkan oleh keberadaannya menyebar di hampir seluruh Indonesia. 

Dengan demikian, batubara tidak hanya mudah didapat dan murah, juga stabil pasokannya.

“Sangat rasional kalau kita mengendalikan energi batubara. Jadi energi batubara yang disebut energi kotor adalah hoaks. Saya jamin karena batubara Indonesia abunya rendah, sulfurnya juga rendah,” kata Budi. 

Dia juga menyebutkan, hasil penelitian terhadap besaran biaya listrik, energi batubara masih yang termurah bagi konsumen. 

Sedang menyoal dampak lingkungan, MGEI-IAGI menyatakan, hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa teknologi pembangkit listrik batubara sudah bisa menangkap debu dengan ukuran di bawah lima mikron. 

Baca Juga: Batubara Bahan Bakar Termurah untuk Pembangkit Listrik

Bahkan, untuk masalah buangan gas asam, teknologi kini juga sudah melakukan desulfurisasi yang sangat baik. Karenanya, emisi pembangkit tak berbahaya.

“Teknologi modern pembangkit sudah sangat maju. Emisinya secara ketat dikontrol jauh bahkan jauh lebih kecil dari 5 mikron. Padahal, debu-debu di jalan itu antara 5-15 mikron,” lanjut Budi. 

Related Articles

Indonesia
115,197
Total active cases
Updated on June 15, 2021 6:12 am

Latest Articles