Senin, April 15, 2024
Berita TambangBukan Mimpi! Teknologi Pertambangan 5G Hadir di Indonesia

Bukan Mimpi! Teknologi Pertambangan 5G Hadir di Indonesia

Presiden Joko Widodo pada Kamis (1/9/2022) meresmikan teknologi pertambangan 5G di tambang bawah tanah Papua. Diciptakannya teknologi ini guna memajukan sektor pertambangan dan optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertambangan dengan kualitas dunia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ilmu Tambang (@ilmutambang.id)

Teknologi 5G membuat aktivitas tambang di kedalaman lebih dari 1.500 meter di bawah permukaan tanah di Papua bisa dikendalikan dari jarak jauh, sehingga meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas operasional perusahaan. 

Melihat hadirnya teknologi 5G tentu secara tidak langsung ikut memajukan industri pertambangan di Tanah Air, sekaligus mendukung pergerakan Revolusi Industri 4.0 di dalam negeri. 

Banyak manfaat yang didapat perusahaan apabila menggunakan teknologi 5G, salah satunya yaitu bisa memonitor dan mencegah resiko kecelakaan kerja melalui optimalisasi penggunaan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan. 

Lebih jauh lagi, jaringan terkoneksi (Hyperconnected Network) 5G kombinasi dari Private Network dan Edge Computing diklaim dapat menyediakan lebih banyak pemanfaatan kecerdasan buatan untuk perusahaan dalam penerapan Smart Mining yang lebih optimal.

Sebagai informasi, Smart Mining merupakan konsep teknologi terkini untuk mendorong optimalisasi pertambangan melalui implementasi teknologi AI (Artificial Intelligence), IoT (Internet-of-Things), Machine Learning, hingga Big Data yang dapat diterapkan dalam operasional sektor pertambangan. 

Semua kecanggihan teknologi di atas tentu akan mendukung proses monitor aktivitas secara lebih real-time saat bekerja, di mana semua data dapat diintegrasikan ke dalam satu tempat demi menciptakan proses kerja yang lebih efektif dan efisien. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer