Minggu, April 14, 2024
Berita TambangPenasaran Daerah Penghasil Nikel Indonesia Ada Di Mana?

Penasaran Daerah Penghasil Nikel Indonesia Ada Di Mana?

Daerah penghasil nikel Indonesia ada dimana? Indonesia adalah negara yang memiliki daerah penghasil nikel terbesar dunia dan memiliki 25 persen cadangan nikel dunia. Ketersediaan sumber daya alam tersebut memberikan peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik. Nikel merupakan bahan baku utama produksi baterai kendaraan listrik. 

Nikel Indonesia

Pada 2020 total neraca sumber daya bijih nikel Indonesia mencapai 11.88 miliar ton dan total sumber daya logam nikel sebesar 174 juta ton. 

Selain itu, pada 2019, Indonesia merupakan produsen tambang bijih nikel terbesar di dunia, dengan produksi nikel dunia sebanyak 2,668 juta ton Ni. Cadangan nikel Indonesia 90% tersebar di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. 

Daerah Penghasil Nikel Indonesia

Berikut daerah penghasil Nikel terbesar di Indonesia: 

  1. Kolaka, Sulawesi Tenggara

Kabupaten Kolaka terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebagian besar wilayah ini merupakan laut, kurang lebih sekitar 15.000 km 2 dengan panjang garis pantai 293,45 km. Sedangkan, wilayah daratan seluas 3.283,64 km2. 

Potensi sumber daya mineral terdapat hampir di seluruh kecamatan Wolo, Wundulako, Baula, Pomalaa, Tanggetada dan Watubangga dengan deposit sekitar 1,30 miliar ton. 

  1. Luwu Timur, Sulawesi Selatan

Kabupaten Luwu berada di selatan garis khatulistiwa, dengan luas wilayah 6,944.88 km2. Sebanyak 11, 14 % Provinsi Sulawesi Selatan merupakan luas wilayah Kabupaten Luwu Timur. Nikel terdapat di Desa Magani di Kecamatan Nuha.

  1. Morowali, Sulawesi Tengah

Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki 3.037 km2. Tambang nikel di daerah ini terdapat di Bahodopi, Bungku Timur, Bungku Pesisir dan Petasia Timur. 

Baca Artikel  Sebelum Memulai Aktivitas Pertambangan, Perhatikan Ini Dulu Yuk!
  1. Halmahera Timur, Maluku Utara

Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara. Sebaran nikel terdapat di Kecamatan Maba dan Wasile. Di wilayah ini terdapat smelter untuk memproses reduksi bijih nikel sehingga menjadi logam yang dapat dimanfaatkan. 

  1. Pulau Gag

Pulau Gag adalah sebuah pulau di gugusan kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pemerintah daerah setempat menetapkan wilayah ini sebagai hutan lindung yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Itu dia 5 daerah penghasil nikel terbesar di Tanah Air. Melihat potensi nikel Indonesia yang cukup besar, semoga bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri serta bisa dimanfaatkan dengan optimal ya Kawan.

Nah kalo menurut kamu, selain 5 daerah di atas ada lagi gak nih daerah penghasil nikel Indonesia? 

Baca Artikel  Kepoin Yuk Deretan Perusahaan Tambang Terbesar di RI, Siapa Jagoanmu?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer