Sabtu, Juli 20, 2024
Ilmu TambangDanau Pading, Eks-Tambang Timah yang Jadi Wisata Populer

Danau Pading, Eks-Tambang Timah yang Jadi Wisata Populer

Eks-Tambang Timah yang jadi wisata populer – Danau Pading, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah adalah bekas pertambangan timah tandus, yang berhasil diubah menjadi danau buatan dan objek wisata.

Danau ini menawarkan keindahan air berwarna biru muda, juga pemandangan hamparan bukit hijau.

Danau Pading merupakan salah satu lobang bekas galian dari pertambangan bijih timah yang dioperasikan oleh PT Koba Tin, perusahaan asal Malaysia yang diketahui sudah pailit pada pertengahan tahun 2020 lalu.

Bekas pertambangan yang sudah tak dieksplorasi meninggalkan galian yang biasanya disebut sebagai ‘kolong tambang’ oleh masyarakat setempat dan menjadi wilayah yang tandus.

Danau ini diberi nama Pading berdasarkan lokasi dan keberadaannya sebagai lembah yang berdekatan dengan Bukit Pading.

Baca Artikel  Berburu Logam Tanah Jarang dari Abu Batubara

Bukit Pading sendiri merupakan salah satu wisata pendakian ringan yang memiliki tinggi 699 mdpl dan panjang yang meliputi hampir setengah dari Desa Perlang.

Objek wisata ini dirintis sejak tanggal 27 Oktober 2020. Kemudian setelah dikembangkan menjadi kawasan wisata yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman, toilet umum, musala, ayunan di tepi danau, saung, hingga fasilitas penyewaan perahu.

Sejak pertama kali dibuka, menjadi objek wisata resmi hingga saat ini, Danau Pading telah berhasil menjadi sumber penghasilan baru bagi masyarakat sekitar meskipun dalam masa pandemi.

Baca Juga: 3 Wisata Bekas Tambang Indonesia Favorit Wisatawan

Danau Pading hingga saat ini masih mengupayakan agar keberadaannya sebagai objek wisata tersebut bisa mendapat dukungan lanjutan dari pemerintah setempat.

Baca Artikel  Hilirisasi Tambang Dorong Surplus Neraca Perdagangan

Terutama fasilitas dan infrastruktur serta akses jalan, dengan menambah sejumlah fasilitas wisata, seperti homestay, camping ground, wahana aktivitas air dan masih banyak lagi.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer