Minggu, Juni 16, 2024
Ilmu TambangFungsi Barang Tambang Sesungguhnya Bagi Kehidupan Kita

Fungsi Barang Tambang Sesungguhnya Bagi Kehidupan Kita

Barang tambang memiliki kegunaan dan fungsi penting dalam kehidupan manusia. Mulai dari apa yang sehari-hari kita lihat, seperti piring, garpu, gelas itu semuanya berasal dari bahan tambang, yaitu bijih mineral dan logam. 

Di dapur, semua peralatan dapur mulai dari panci, kompor, pisau, gas LPG, dan peralatan masak yang lain, semua berasal dari bahan hasil pertambangan. 

Bahkan, smartphone yang kita pegang setiap dari juga paduan dari banyak unsur bahan yang berasal dari hasil tambang, seperti timah, tembaga, karbon, nikel, sulfur, asam sulfat, bijih mineral dan baja. 

Tidak heran, barang tambang memang memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan kita. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan beberapa fungsi barang tambang: 

Baca Artikel  Catat! 5 Manfaat Bauksit yang Jarang Diketahui

Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik

Listrik merupakan barang kebutuhan utama manusia yang menggunakan bahan dasar dari barang tambang.

Biasanya pembangkit listrik menggunakan energi alternatif seperti angin, air dan cahaya matahari. Namun ada pula barang tambang yang berfungsi sebagai pembangkit listrik, yaitu batu bara.

Sebagai Bahan Dasar Minyak Gas

Minyak gas adalah satu barang yang penting bagi kehidupan manusia, salah satu barang tambang yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak gas adalah minyak bumi. 

Baca Juga: Simak, Ini Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

Sayangnya, persediaan minyak bumi di dunia sangatlah terbatas. Minyak bumi sendiri terbentuk dari sisa-sisa makhluk hidup pada zaman dahulu, yang membutuh waktu proses yang panjang, yaitu sekitar ratusan hingga jutaan tahun lamanya.

Baca Artikel  PLTU Ini Gunakan Teknologi Supercritical demi Tekan Emisi

Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Salah satu fungsi dari barang tambang adalah sebagai bahan bakar dari kendaraan. Kendaraan digunakan sebagai alat mobilitas manusia.

Sebagai Bahan Dasar Aspal

Aspal adalah salah satu bahan untuk menghaluskan jalan. Salah satu barang tambang yang dapat digunakan sebagai pembuat aspal adalah minyak bumi dan juga aspal itu sendiri.

Dari penjelasan fungsi barang tambang dalam kehidupan manusia tersebut, maka orang wajib mempergunakan sumber daya alam berupa barang tambang dengan bijaksana dan baik, agar bumi ini tidak terlalu terekploitasi oleh manusia.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer