Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangGresik Bakal Punya Smelter Terbesar di Dunia!

Gresik Bakal Punya Smelter Terbesar di Dunia!

Gresik bakal punya smelter terbesar di dunia dan ditargetkan akan beroperasi pada 2023. Gresik dipilih sebagai lokasi smelter dikarenakan di wilayah tersebut terdapat pabrik semen yang bisa memanfaatkan hasil pengolahan asam sulfat, perak dan gipsum.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) merasa sangat bangga atas pembangunan smelter tersebut. Pasalnya smelter memiliki desain single line terbesar di dunia.

Setelah rampung diperkirakan smelter ini mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga menjadi 600 ribu ton katoda tembaga per tahun.

Tidak hanya akan memproduksi katoda tembaga, smelter ini mempunyai fasilitas pemurnian logam berharga yang menghasilkan produk berupa emas, perak dan logam berharga lainnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan smelter ini membutuhkan investasi yang mencapai Rp42 triliun.

Baca Artikel  Mau Bekerja di Tambang? Pelajari Dulu Istilah-istilah Ini..

Nantinya smelter ini akan memproduksi emas rata-rata 35 ton per tahun, dengan nilai transaksi yang dihasilkan sejumlah Rp30 triliun pertahun.

Erick juga menceritakan jika selama masa konstruksi diperkirakan ada 40 ribu tenaga kerja yang akan diserap.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) meminta agar tenaga kerja yang diserap mayoritas bisa berasal dari Jawa Timur, untuk kepastian adanya pembukaan lapangan kerja.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanti mengatakan perkiraan pendapatan yang mampu diperoleh dari smelter tembaga ini mencapai, US$5,4 miliar atau setara dengan Rp77 triliun.

Airlangga menjelaskan jika harga emas saat ini sudah US$1.700 per troy ons. Sehingga smelte ini dapat memproduksi emas dari fasilitas pemurnian logam berharga (precious metal refinery) sebanyak 35-54 ton per tahun.

Baca Artikel  Sudah Tahu Ada Hotel Tambang Terdalam di Dunia?

Baca Juga : 5 Tambang Ini Penghasil Emas Terbesar Indonesia

Jika produksi emas sebesar 35 ton per tahun, maka nilainya bisa mencapai US$1,8 miliar. Sementara bila produksi emas mencapai 50 ton per tahun, maka nilainya bisa mencapai US$2,7 miliar.

Semua perhitungan tersebut diharapkan dapat terwujud dengan adanya pembangunan smelter di Gresik ini.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer