Senin, Mei 27, 2024
Ilmu TambangIngin Usaha Tambang Kamu Aman dan Resmi? Begini Caranya!

Ingin Usaha Tambang Kamu Aman dan Resmi? Begini Caranya!

Agar dapat menjalankan usaha tambang batubara yang memiliki prospek cerah dan mampu mendatangkan keuntungan banyak, kamu perlu mengetahui cara memulai usaha tambang batubara yang aman dan resmi agar mendapatkan legalitas dalam berbisnis.

Jenis usaha tambang batubara memang cukup menjanjikan, mengingat potensi batubara di Indonesia sendiri sangat memungkinkan untuk lebih ditingkatkan lagi dengan cara memberikan prioritas lebih besar pada pengembangan dan pemanfaatannya.

Agar dapat memulai usaha tambang batubara, Kamu perlu memperoleh lisensi resmi terlebih dahulu. Adapun cara mendapatkan lisensi adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa usaha tambang batubara yang akan dijalankan tidak berhubungan dengan aktivitas pertambangan gas ataupun minyak bumi. Hal ini karena sektor tersebut sangat terbatas dalam urusan operasi dan kepemilikan asing.
  • Buatlah keputusan mengenai jenis aktivitas yang ingin Kamu jalankan, apakah Kamu akan memilih core atau non core? Jika memilih core, maka kegiatan usaha yang dilakukan berupa eksplorasi, investigasi publik, pengilangan, layanan usai tambang, konstruksi tambang, dan reklamasi transportasi. Adapun aktivitas lainnya termasuk dalam non core.
  • Selanjutnya, usaha Kamu harus berjenis PT PMA (Perusahaan Modal Asing). Agar dapat berjalan lancar, Kamu dapat berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
  • Langkah selanjutnya yaitu, kumpulkan berkas yang diperlukan dan serahkan ke Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. Pastikan bahwa dokumen tersebut sudah dilengkapi dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam pengurusan lisensi.
  • Perlu diketahui bahwa ada dua jenis lisensi yang dapat dipilih, yakni Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUP). Lisensi usaha tambang IUP bisa diperoleh dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Baca Artikel  Jadi Pelanggan! Konsumsi Batubara Asia Pasifik Meningkat

Baca Juga : Simak Cara Mendapatkan Izin Usaha Pertambangan!

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan agar usaha tambang yang akan Kamu jalankan aman dan resmi. Ikuti proses tender yang akan menentukan apakah Kamu memiliki hak terhadap lokasi usaha tambang tertentu.

Jika pemerintah telah menyetujuinya, maka Kamu telah mendapatkan hak untuk menjalankan usaha tambang batubara dengan aman dan resmi.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer