Minggu, Juni 16, 2024
Ilmu TambangMengenal Jenis-jenis Kapal Tongkang, Si Pengangkut Batubara

Mengenal Jenis-jenis Kapal Tongkang, Si Pengangkut Batubara

Mengenal jenis-jenis kapal tongkang – Sebelum revolusi industri dimulai, di Eropa kapal tongkang sudah banyak digunakan sebagai alat transportasi utama, untuk mengangkut barang dengan melintasi perairan.

Saat ini, kapal tongkang banyak ditemukan dan semakin berkembang pemanfaatannya, yaitu untuk mengangkut barang seperti batubara, minyak dan berbagai macam barang curah lainnya. 

Kapal tongkang dengan bentuk seperti balok itu hanya digunakan sebagai benda apung untuk memuat barang.

Dengan teknologi perkapalan yang semakin maju, saat ini banyak bermunculan berbagai jenis-jenis kapal tongkang yang siap membawa bahan bermuatan banyak. 

Berikut jenis-jenis kapal tongkang yang sering mengangkut muatan batubara: 

  1. Barrack Barge atau Rumah Kapal

Kapal tongkang jenis ini banyak digunakan sebagai tempat tinggal. Barrack barge ini banyak ditemukan di tempat Kamboja, India Utara (Kashmir), Laos Australia dan Kanada. 

  1. Dry Bulk Cargo Barge

Kapal tongkang jenis ini digunakan untuk mengangkut barang curah kering, yang dapat dipindahkan secara langsung melalui sistem bongkar muat. Seperti, biji-bijian, makanan, pasir, mineral seperti baja dan batubara.

  1. Liquid Cargo Barge

Kapal tongkang jenis ini sangat berguna untuk mengangkut petrokimia dan pupuk cair dan bahan kimia cair industri penting lainnya.

  1. Car-float Barge

Kapal tongkang jenis ini digunakan untuk membawa kereta rel atau kereta rel portable yang diangkut dari satu lokasi ke lokasi lain. Car-float barge dapat ditemukan di beberapa negara bagian Amerika Serikat.

  1. Split Hopper Barge

Kapal tongkang jenis ini digunakan untuk membawa material kerokan, seperti tanah, pasir dan material kerukan lainnya. 

Baca Juga: Perkenalkan Kapal Tongkang, Pahlawan Pengangkut Batubara

Tongkang ini dilengkapi dengan alat bongkar muat yang tepat, ada yang berupa tipe self propelled dengan motor hidrolik dan unit silinder untuk membelah lambung, sehingga bongkar muat dapat dilakukan dengan baik dan efisien.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer