Rabu, April 17, 2024
Ilmu TambangKenapa Reklamasi Lahan Pasca Tambang Penting Dilakukan?

Kenapa Reklamasi Lahan Pasca Tambang Penting Dilakukan?

Kamu sebagai anak tambang pernah dengar apa itu reklamasi lahan pasca tambang? terus kalo sudah, kenapa si kegiatan ini penting banget harus dilakukan oleh perusahaan pertambangan?

Melihat definisinya, reklamasi Lahan merupakan kegiatan penimbunan suatu wilayah tertentu dalam skala yang relatif luas baik di daratan maupun perairan yang dilakukan setelah kegiatan tambang untuk melancarkan proses pemulihan tanah bekas galian dan lingkungan di sekitarnya.

Reklamasi lahan sangat penting dilakukan untuk menekan dan menghindari efek pasca tambang serta memperbaiki kerusakan alam yang ditimbulkan dari kegiatan pertambangan.

Hal ini karena jika kerusakan dibiarkan, akan mengancam keselamatan masyarakat sekitar maupun hewan dan tumbuhan.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengatur kegiatan reklamasi lahan pasca tambang dalam Peraturan Pemerintah nomor 75 tahun 2001 pasal 46 ayat 4 dan 5, yang menegaskan bahwa sebelum meninggalkan bekas wilayah tambangnya harus lebih dulu melakukan usaha pengamanan terhadap benda, bangunan, dan keadaan tanah di sekitarnya.

Baca Artikel  Pemanfaatan Batubara untuk Dalam Negeri Terus Didorong

Reklamasi lahan penting untuk mengubah kawasan berair, rusak, atau belum dimanfaatkan menjadi wilayah baru yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Umumnya wilayah reklamasi banyak digunakan untuk perekonomian seperti pemukiman penduduk, lahan pertanian, jalur transportasi, pelabuhan, dan lain-lain.

Reklamasi lahan juga penting bagi pemulihan struktur tanah yang hilang akibat aktivitas tambang untuk mendirikan bangunan baru atau digunakan untuk kegiatan lainnya.

Reklamasi menjadi solusi terbaik terutama bagi negara berkembang yang padat penduduk seperti Indonesia untuk menyelesaikan masalah keterbatasan lahan.

Tidak hanya untuk lahan sekitar, reklamasi lahan juga penting dilakukan untuk kegiatan pertambangan itu sendiri.

Baca Juga: Pelajari yuk Apa Itu Inspeksi Tambang!

Baca Artikel  Kenali 4 Faktor Penyebab Engine Overheat!

Reklamasi dilakukan untuk mengembalikan struktur dan fungsi tanah yang rusak akibat kegiatan pertambangan. Pemulihan struktur dan fungsi tanah ini efektif untuk mencegah longsor dan banjir.

Dengan reklamasi lahan, bekas galian tambang akan lebih tertata dengan baik, bahkan bisa menjadi kawasan penghijauan, kawasan wisata atau rekreasi, serta pusat industri dan bisnis yang dapat meningkatkan perekonomian kawasan tersebut.

Selain itu, lokasi tambang bisa dipulihkan untuk daur ulang bahan produksi agar tidak terbuang sia-sia.

Melihat pentingnya reklamasi lahan pasca tambang, diharapkan perusahaan tambang dapat ikut andil memulihkan lokasi tambang agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan umum.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer