Jumat, Maret 1, 2024
Ilmu TambangKepoin Yuk 4 Fungsi Penting Location Tracker Pertambangan

Kepoin Yuk 4 Fungsi Penting Location Tracker Pertambangan

Location Tracker memiliki fungsi penting bagi perusahaan pertambangan. Biasanya dapat dipasang pada semua jenis alat berat seperti Dump Truck, Excavator, Dozer, Vibro dan lainnya.

Memasang Location Tracker sangat lah penting untuk memantau mobilisasi dan lamanya pemakian alat berat.

Pemasangan Location Tracker sangat bermanfaat bagi perusahaan sewa alat berat. Alat yang satu ini mampu mendeteksi mesin alat berat baik ketika dalam mode On atau Off. Tujuanya adalah untuk memudahkan perusahaan melihat real-time data dari alat berat yang digunakan.

Terdapat 4 fungsi penting lainnya sebagai berikut:

  • Mengawasi Jam Kerja Secara Online

Baik perangkat keras dan perangkat lunaknya didesain secara khusus untuk membantu pemantauan pihak manajemen secara online. Pemantauannya dapat dibandingkan dengan real-time data yang terpasang.

  • Mendeteksi Mobilisasi Kendaraan di Lokasi Tambang
Baca Artikel  Simak 4 Fakta Unik Tambang yang Jarang Diketahui!

Terdapat fitur geofence yang memungkinkan perusahaan penyewaan alat berat menandai suatu area untuk pelacakan.

Selain itu mampu untuk memantau jam keluar dan masuknya kendaraan, durasi pemakaian, jarak tempuh dan kecepatan maksimum.

  • Mencegah Adanya Kecurangan Pemakaian

Dengan pemasangan Location Tracker dapat meminimalisir adanya kecurangan dan kerugian bagi perusahaan penyewaan alat berat.

Hal ini karena dapat mencocokkan data offline dan online yang dikirim lewat sms atau email tergantung pada pengaturannya.

  • Mencegah Kerusakan Pada Alat Berat

Location Tracker dipasang pada mesin sehingga peranti mekanik dapat mencatat odometer, durasi pemakaian dan istirahat, serta idle peralatan. Dengan begitu akan memudahkan pengecekan dan pemeliharaan aset.

Baca Juga : Simak Profesi Operator Alat Berat di Industri Tambang

Baca Artikel  2 Perusahaan BUMN Ini Akan Terapkan Teknologi 5G Mining

Terdapat pengaturan yang dapat memberikan notifikasi jadwal servis dari aplikasi. Lalu dilengkapi dengan peringatan-peringatan yang berkaitan dengan pencegahan kerusakan mesin akibat penggunaan yang tidak tepat.

Adanya bantuan teknologi berupa Location Tracker dapat membuat pengelolaan aset lebih mudah dan efisien, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan pertambangan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer