Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangSimak 4 Fakta Unik Tambang yang Jarang Diketahui!

Simak 4 Fakta Unik Tambang yang Jarang Diketahui!

Berbicara mengenai tambang, pastinya di pikiran kita akan langsung ingat akan galian, aneka hasil mineral bumi, lubang, atau bahkan fakta unik terkait tambang lainya. 

Sebenarnya gak salah kalo kamu mendengar kata tambang langsung berpikiran tentang hal-hal yang disebutkan di atas.

Tapi sebenarnya, banyak loh hal menarik lain di dunia tambang yang bisa jadi jarang atau belum diketahui banyak orang. 

Tambang itu mencakup banyak hal luas pastinya. Tambang juga memiliki manfaat besar bagi kehidupan dan juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi bagi kemajuan negara. 

Kira-kira, sejauh mana nih kamu tahu tentang tambang? Nah supaya kamu juga bertambah wawasan tentang tambang, simak yuk 4 fakta unik tambang yang jarang diketahui banyak orang:  

  1. Minimnya Pengetahuan Tentang Tambang Membuat Salah Persepsi
Baca Artikel  Teknologi Gasifikasi Batubara Selamatkan Roda Perekonomian

Selama ini masyarakat memandang tambang merupakan sesuatu yang merugikan. Misalnya pengerukan yang akhirnya membuat lobas besar, bekas galian yang tidak diperbaiki.

Karena minimnya pengetahuan tentang tambang, asumsi semacam itu yang membuat pemahaman tentang tambang semakin salah di masyarakat.  

Faktanya, saat ini banyak kok perusahaan yang sudah mengikuti aturan penambangan dengan baik looh.

Menurut Masagus Ahmad Azizi yang menjadi Ketua Bidang Keprofesian Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) mengungkapkan, ia menyayangkan kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui sisi buruk soal tambang dibandingkan manfaatnya. 

Baca Juga: Begini Nasib Batubara di Tahun 2025

Padahal pemerintah selalu berupaya mengawasi agar proses penambangan tidak melanggar peraturan. Jika ada oknum yang tidak bertanggung jawab, pemerintah tak segan memberikan sanksi yang tegas.

Baca Artikel  Pelajari Yuk Jenis-jenis Detonator di Pertambangan Apa saja

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer