Minggu, Februari 25, 2024
Ilmu TambangKontribusi Tambang Membangun Peradaban Manusia

Kontribusi Tambang Membangun Peradaban Manusia

Kontribusi tambang membangun peradaban manusia – Hampir semua peralatan dan perlengkapan yang ada saat ini baik konvensional maupun elektronik berasal dari bahan tambang. Tidak ada peradaban manusia yang tak ditopang oleh industri tambang.

Penggunaan produk tambang atau mineral oleh manusia telah dikenal sejak 300.000 SM, yakni pada zaman paleolitikum atau zaman batu.

Pada saat itu manusia menggunakan batu yang sudah diolah untuk bertani dan berburu. Selain itu, batu-batu yang ada dibentuk dan diolah menjadi tempat tinggal. 

Pemanfaatan bahan tambang atau mineral semakin beragam seiring dengan peradaban manusia yang terus berkembang. 

Pada zaman prasejarah dulu manusia hanya mengenal teknologi sederhana. Kemudian di era modern yang ditandai dengan revolusi industri di Inggris terjadi peningkatan kebutuhan dan penggunaan mineral secara besar-besaran. Pada saat ini kebutuhan tersebut semakin berkembang lagi.

Baca Artikel  Inilah 2 Program CSR Unggulan Kideco yang Menginspirasi!

Indonesia dianugerahi sumber daya alam mineral logam serta nonlogam yang kaya dan melimpah. Hal ini tentu perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Salah satunya yaitu Tambang Grasberg, Papua. Tambang ini merupakan salah satu lokasi tambang yang menyimpan cadangan emas dan tembaga terbesar di dunia.

Cadangan emas di Papua diperkirakan mencapai 29,8 juta ons. Adapun, cadangan tembaga di wilayah ini mencakup sekitar 27% dari cadangan dunia. 

Berdasarkan laporan PT Inalum, nilai total cadangan emas di lokasi ini sebesar US$42 miliar, tembaga US$116 miliar, dan perak US$2,5 miliar.

Baca Juga: 7 Tambang Penghasil Tembaga Terbesar di Dunia

Pada era sekarang mineral dimanfaatkan untuk pembuatan komponen komputer seperti benang emas untuk semikonduktor, tembaga, platinum, aluminium, dan sebagainya.

Baca Artikel  Kenali Profesi Geoteknik Engineer dalam Pertambangan

Indonesia memiliki modal besar berupa kekayaan alam yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, mineral juga bisa digunakan sebagai modal awal untuk menstimulus perkembangan industri barang dan jasa.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer