Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangManfaat Tailing Hasil Pengolahan Tambang Bagi Kehidupan

Manfaat Tailing Hasil Pengolahan Tambang Bagi Kehidupan

Manfaat Tailing Bagi Kehidupan – Dalam pertambangan batubara, istilah ‘tailing’ merujuk secara spesifik ke limbah murni yang tertinggal di air. Selain itu, tailing juga erat kaitannya dengan proses pengolahan material tambang, baik bijih seperti emas, tembaga, perak, bauksit maupun mineral lain.

Secara definisi, tailing merupakan material sisa dari proses pemisahan mineral-mineral berharga yang bernilai ekonomis, yang akhirnya dipisahkan sebagai limbah.

Pada awalnya, tailing kerap kali dianggap sebagai limbah yang kurang berguna karena sudah tidak lagi mengandung mineral-mineral berharga. Alasannya karena kandungan dalam tailing biasanya terdapat zat kimia sampai zat-zat berbahaya yang merusak lingkungan.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, tailing kini dapat dipergunakan dan dimanfaatkan kembali. Terdapat beberapa tahapan pengolahan yang perlu dilakukan agar tailing memiliki nilai, yakni mulai dari peremukan (crushing), penggilingan (grinding), konsentrasi, hingga pemurnian (smelting).

Tailing yang telah diolah tadi dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam kegunaan, mulai dari bahan bangunan sampai pembuatan keramik. Selain itu, kira-kira apa lagi sih manfaat tailing bagi kehidupan sehari-hari? Simak informasinya di bawah ya!

  1. Bahan Pembuatan Paving Block dan Batako

Material limbah padat hasil pengolahan bijih emas dan bauksit berupa tailing dapat digunakan sebagai bahan tambah (admixture) pembuatan paving block. Ketersediaan tailing ini didapat ditemukan di daerah penambangan Sukabumi, Jawa Barat. 

  1. Bahan Pembuatan Semen

Tailing dapat dimanfaatkan sebagai material konstruksi ringan yang dikenal sebagai autoclaved aerated cement yang disingkat dengan ACC menggunakan bahan baku utama yaitu Silika (SiO2). Silika tersebut mengandung bahan baku pasir yang memiliki sifat isolator panas yang sangat baik dan bahan kedap suara untuk bahan bangunan. 

  1. Bahan Pembuatan Batu Bata dan Keramik

Di beberapa negara seperti China dan Amerika, tailing hasil penambangan alumunium telah dimanfaatkan sebagai batu bata dan keramik.

Di Indonesia sendiri, potensi lain pengolahan bahan mineral alam adalah sebagai bahan baku dalam pengembangan industri, terutama zero keramik (keramik). Potensi bahan mineral itu dapat ditemukan di wilayah PLTU Suralaya dan Majalaya Sukabumi Jawa Barat. 

Dari beberapa manfaat di atas, kita sudah mengetahui ragam manfaat hasil pengolahan tailing yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Tailing yang awalnya hanya sebagai bahan buangan, kini dapat menjadi suatu bahan berdaya guna.

Upaya pemanfaatan inipun dilakukan perusahaan pertambangan untuk meminimalkan potensi kerusakan lingkungan akibat tailing, sekaligus optimasi pemanfaatan bahan sisa tambang. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer