Jumat, November 25, 2022

Tertarik Masuk Jurusan Pertambangan? Ini Hal yang Perlu Dipersiapkan!

Indonesia dianugerahi dengan sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu pertambangan. Namun ragam hasil tambang yang berada di dalam bumi itu biasanya tertutup dan tersembunyi oleh lapisan-lapisan tanah. 

Nah untuk mengambil hasil tambang tersebut di bawah tanah, biasanya membutuhkan seorang Teknik Pertambangan yang memiliki kemampuan dalam menganalisa serta mengeksplorasi terkait ragam barang tambang yang ada di dalam perut bumi. 

Melihat permintaan industri tersebut, saat ini banyak Universitas di Indonesia yang mempersiapkan lulusan jurusan Teknik Pertambangan agar siap terlibat dalam eksplorasi di pertambangan. 

Terus pertanyaannya, apabila tertarik masuk jurusan Teknik Pertambangan, hal apa saja yang perlu dipersiapkan? 

Untuk masuk Jurusan Teknik pertambang biasanya siswa harus berasal dari jurusan IPA dengan nilai pada mata pelajaran IPA dan Matematika yang bagus. Selain itu harus menguasai bahasa Inggris.

Calon peserta didik juga harus mempersiapkan mental dan fisik untuk tidak mudah menyerah dan tidak cengeng. Sebab pekerjaan di lapangan akan berat dan berhadapan dengan pekerja-pekerja lapangan yang memiliki sifat-sifat yang berbeda. 

Membiasakan diri rajin berolahraga, sebab sarjana pertambangan harus sering berada di lokasi tambang yang jauh dan terpencil maka dari itu harus memiliki fisik yang sehat dan bugar.

Related Articles

Indonesia
63,863
Total active cases
Updated on November 25, 2022 4:19 pm

Latest Articles