Senin, April 15, 2024
Ilmu TambangMau Kuliah Jurusan Pertambangan? Ini Hal yang Perlu Kamu Persiapankan!

Mau Kuliah Jurusan Pertambangan? Ini Hal yang Perlu Kamu Persiapankan!

ilmutambang.com – Sudah menjadi rahasia umum, salah satu Fakultas yang memiliki peminat banyak dari waktu ke waktu adalah Fakultas Teknik. Di dalam Fakultas ini ada beragam cabang ilmu, salah satunya adalah teknik pertambangan.

Teknik pertambangan berfokus pada ilmu untuk eksplorasi bahan galian atau sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, batubara, dan lain sebagainya. 

Beberapa mata kuliah dipelajari di jurusan teknik pertambangan adalah kalkulus, fisika dasar, pengantar teknologi sumber daya bumi, eksplorasi tambang, geologi dasar, kristalografi dan mineralogi. 

Selain itu, ada pula matematika teknik, ekonomi mineral, komputasi tambang, manajemen pertambangan, geomorfologi, mekanika batuan, kebijakan mineral. Ditambah hidrogeologi, pengolahan bahan galian, dan masih banyak mata kuliah lain yang akan sangat menarik untuk dipelajari.

Baca Artikel  Bukan Sembarang Limbah! Abu Batubara Kaya Manfaat Ekonomis

Syarat masuk jurusan pertambangan tidak terlalu khusus dan hampir sama dengan jurusan kuliah yang lain.

Namun ada syarat yang wajib agar berhasil di jurusan pertambangan. Apa saja? Yuk simak di bawah ini: 

  1. Teliti  
  2. Tekun
  3. Detail dan Rasional
  4. Pengamat
  5. Sistematis
  6. Terstruktur
  7. Independen
  8. Senang berhitung dan menganalisis
  9. Pandai memecahkan masalah
  10. Mampu bekerja sama 

Lulusan Teknik Pertambangan tidak melulu harus bekerja di luar ruangan, berpanas-panasan di tambang. Lulusan teknik pertambangan juga bisa bekerja sebagai surveyor, analis, dan bahkan konsultan yang hanya perlu bekerja di kantor saja. 

Pekerjaan lulusan Teknik Pertambangan menjanjikan gaji dan tunjangan yang menggiurkan, profesi yang bergengsi, Gratis tiket pesawat Pulang-Pergi (PP).  

Baca Artikel  3 Langkah Membuat Pertambangan Berkelanjutan

Setelah mengetahui mengenai syarat masuk, prospek kerja jurusan Teknik Pertambangan yang cukup menggiurkan, Kawan Tambang sudah siap mengambil jurusan ini?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer