Minggu, Juni 16, 2024
Ilmu Tambang3 Langkah Membuat Pertambangan Berkelanjutan

3 Langkah Membuat Pertambangan Berkelanjutan

Langkah Pertambangan Berkelanjutan – Pertambagan berkelanjutan merupakan suatu usaha menambang dengan memperhatikan, menjaga, serta mempertahankan kelestarian alam. Maksud dari berkelanjutan di sini yaitu, menjadi salah satu solusi atas dampak lingkungan yang terjadi akibat dari praktek pertambangan konvensional.

Pertambangan berkelanjutan tentu bermanfaat tak hanya untuk menghijaukan kembali alam, namun juga mengurangi dampaknya kerusakan lingkungan, kemungkinan adanya bencana alam hingga timbulnya penyakit.

Agar kegiatan pertambangan berkelanjutan bisa berjalan dengan baik, berikut tiga langkah yang bisa dilakukan perusahaan:

1. Menggunakan Peralatan Tambang Ramah Lingkungan

Upaya untuk menjaga lingkungan di area pertambangan adalah dengan menggunakan peralatan ramah lingkungan. Misal, mesin diesel digantikan dengan mesin listrik guna mengurangi kadar karbon dioksida dari hasil pertambangan supaya kadarnya seimbang dengan oksigen.

Baca Artikel  Penguatan Harga Batubara Topang Kinerja Indika Energy

Baca Juga Artikel : Penasaran Kegunaan Bulldozer di Pertambangan Apa Saja?

Ketika perusahaan memanfaatkan alat yang lebih efisien, peluang mengganti alat terlalu sering juga bisa ditekan. Jika demikian, perusahaan lebih hemat dan tidak terlalu membuang banyak material besar maupun kecil ke alam selama dan setelah proses tambang.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer