Minggu, April 14, 2024
Ilmu TambangPenasaran Kegunaan Bulldozer di Pertambangan Apa Saja?

Penasaran Kegunaan Bulldozer di Pertambangan Apa Saja?

Kegunaan Bulldozer di Pertambangan – Bulldozer adalah alat berat beroda rantai yang memiliki fungsi untuk mendorong, menggali maupun menarik material seperti pasir, tanah, bebatuan dan lainnya. Istilah dari bulldozer sendiri memang digambarkan sebagai tipe dari alat berat.

Jenis-jenis alat berat yang satu ini memiliki beragam bentuk. Ada swamp bulldozer, wheel tractor dozer yang beroda karet, dan crawler tractor dozer yang beroda kelabang.

Jenis bulldozer yang sering digunakan di pertambangan biasanya tipe crawler tractor dozer, jenis ini biasa digunakan untuk meratakan tanah agar jalan di area tambang tidak bergelombang. 

Nah, penasaran kan kegunaan bulldozer di pertambangan selain untuk meratakan tanah? Yuk simak di bawah informasinya: 

  1. Menimbun Material
Baca Artikel  Bagaimana Prediksi Masa Depan Industri Pertambangan?

Jenis bulldozer crawler bisa dipakai untuk melakukan penimbunan material di pertambangan. Contohnya saja, bulldozer jenis ini bisa menimbun tanah ke tepi pantai dalam proyek reklamasi.

  1. Menghamparkan Tanah Isian

Alat berat Bulldozer dapat dipakai untuk menghamparkan tanah isian di dalam lokasi pertambangan. Misalnya saja dalam meratakan jalanan di lokasi tambang yang bergelombang. Kegunaan bulldozer juga bisa dipakai untuk memelihara jalan supaya selalu rata.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer