Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangBagaimana Prediksi Masa Depan Industri Pertambangan?

Bagaimana Prediksi Masa Depan Industri Pertambangan?

Ditengah perubahan dunia yang didukung oleh kemajuan teknologi, inovasi, dan peluang baru, industri pertambangan juga tidak luput dari tantangan perubahan untuk terus mengalami perkembangan yang menentukan masa depan industri ini.

Berbagai prediksi dari para pakar industri telah menganalisa bagaimana perkembangan tersebut akan membentuk masa depan industri pertambangan.

  1. Optimalisasi Efisiensi melalui Industri Internet of Things (IoT)

Adanya perkembangan pada penerapan teknologi digital seperti industri IoT dapat mengubah otomatisasi industri pertambangan di masa depan menjadi lebih aman, produktif, efisien, berkelanjutan, dan menguntungkan.

Salah satu bidang yang paling menjanjikan adalah kemampuan IoT mengubah proses manual dan mekanis yang mahal dan tidak efisien menjadi proses digital. IoT memungkinkan perusahaan tambang untuk mengumpulkan data dalam jumlah besar melalui sensor yang terhubung ke internet.

Baca Artikel  8 Sifat Mekanik Logam yang Wajib Diketahui

Teknologi IoT yang canggih juga menjadi tulang punggung bagi armada truk angkut, bor, dan eskavator yang dapat memberikan penghematan, mengurangi biaya bahan bakar dan staf, serta mengoptimalisasi pengoperasian.

2. Smart Mines dan Teknologi Kecerdasan Buatan

Teknologi ini membantu kegiatan industri pertambangan dalam menemukan, mengekstrak, dan memproses bahan tambang menjadi lebih cepat, lebih murah, dan dengan laju per ton yang lebih baik.

Baca Juga : 8 Jenis Pekerjaan di Industri Tambang yang Wajib Diketahui

Kedepannya, para pekerja tambang akan lebih fokus kepada aspek bisnis pertambangan seperti mengelola hubungan yang strategis dengan perusahaan, bukan di lapangan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer