Minggu, Juni 16, 2024
Ilmu TambangMengenal George Stephenson, Penemu Lokomotif Kereta Api

Mengenal George Stephenson, Penemu Lokomotif Kereta Api

George Stephenson penemu lokomotif kereta api – Seorang laki-laki bernama George Stephenson lahir pada 9 Juni 1781, di Wylam, Northumberland, Inggris.

Tidak disangka, kelahiran itu merupakan awal dari segala kemudahan pergerakan manusia dalam bertransportasi. 

Stephenson adalah penemu utama lokomotif kereta api. Ia adalah anak seorang mekanik yang mengoperasikan mesin uap-atmosfer yang ditemukan oleh Thomas Newcomen. Mesin tersebut digunakan untuk mengeluarkan batu bara dari dalam tambang.

Stephenson tidak bersekolah formal, namun bekerja sejak usia dini Pada usia 19 tahun.  Ia sudah mampu mengoperasikan mesin Newcomen. 

Dia berteman dengan seorang mekanik yang berpengalaman, Sir William Fairbairn. Terkadang Stephenson mengambil alih mesinnya paruh waktu.

Kejeniusan Stephenson mengoperasikan mesin uap membuatnya mendapatkan posisi kepala mekanik di tambang batu bara Killingworth.

Ketika Perang Napoleon, ia mengikuti sekolah malam untuk belajar membaca dan menulis dengan keingintahuan yang tinggi.

Di usia yang muda Stephenson memutuskan untuk menikah. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ia belajar memperbaiki sepatu, memperbaiki jam, dan memotong pakaian untuk istri penambang.

Baca Juga: 2 Perusahaan BUMN Ini Akan Terapkan Teknologi 5G Mining

Sejak istrinya meninggal, Stephenson hidup berdua dengan putranya, Robert. Stephenson mengirim Robert bersekolah di Newcastle untuk belajar matematika.

Pada 1813, ketika Stephenson memeriksa “ketel uap di atas roda” yang dibangun oleh John Blenkinsop. Ia berpikir bisa membuat alat yang lebih baik.

Setelah berunding dengan Lord Ravensworth, pemilik utama pertambangan Killingworth, ia lalu membangun Blucher, sebuah mesin yang menarik delapan kereta.

Kereta tersebut dapat memuat 30 ton batubara dengan kecepatan 6 kilometer per jam. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer